Hi mbak shinta,

Duuhh sayang banget kalo ASI nya banyak tapi mo ngasih susu formula, sabar aja
deh yang penting dari ibunya yakin, pd dan punya keinginan kuat buat kasih ASI
ekslusif dan ada dukungan keluarga terutama suami..dijamin deh pasti bisa,
emang godaannya untuk kasih susu formula itu banyak banget baik dari diri
sendiri atau dari orang lain..kita harus kuat aja, kalo ASI nya deras sekali
mending ditampung aja terus di bekuin di freezer buat ditabung kalo - kalo mbak
butuh..apalagi kalo mbak kerja..wah bagus banget tuh kalo bisa nabung sejak
dini biar engga terlalu berat,kalo kulitnya merah merah  setiap habis nyusu lap
aja pake lap yang lembut dan udah dikasih air hangat terus kasih aja baby cream
tipis - tipis, dan kalo babynya cuma mau mimik sebentar2 engga papa..karena
mungkin memang kapasitas lambungnya baru segitu, yang penting sering2 aja
disusuin..saran ku sih jangan ada pikiran buat ngasih susu formula lah...lebih
banyak efek negatifnya dari pada positifnya buat bayi, lagi p
 ula kalo
 di kasih ASI apalagi ekslusif selain anak jadi sehat dan tahan penyakit,
ikatan antara ibu dan anak akan semakin kuat, mungkin kalo pake susu formula IQ
bisa di bentuk tapi EQ engga loh..menurut aku sih effort yang kita keluarin
buat kasih ASI Ekslusif 6 bulan worth it banget deh...udah aku buktiin sendiri
koq..coba deh embak tanya2 ke klinik laktasi kalo mau tahu ttg ASI eklsusif
secara baik dan benar, ini aku kasih ya telpnya..mudah2an berguna..

KLinik Laktasi Carolus
RS Saint Carolus - Salemba
Senin - Jum'at jam 7 - 11, sabtu jam 7 - 10
Telp : 3154187

Mamanya Kayla

shinta feona <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
alo semua..

anakku yg kedua aru aja mau 40 hari nih... sampe sekarang sih masih asi
eksklusif, cuma aku udah setengah desperado mau campur sama susu formula...
makanya pengen minta saran dari para moms.
dsa bilang kasih payudara kiri-kanan masing2 15 menit, padahal anakku kalo
siang nyusu cuma 5 menitan (cuma payudara kiri atau kanan saja) trus dia-nya
lepas puting-ku sendiri, kalo ditaro di kasur sebentar udah nangis lagi...
kalo malem lebih parah ga tidur semaleman n kerjanya nenen, pipis, ee,
berulang... nangis kejer sih ga (aku tanya dsa kalo nangis kejer berarti
kolik)
apa itu berarti asi-ku kurang??, tapi kalo udah lama ga diminum asi-ku bisa
mancur (maaf bahasanya) trus anak-ku malah ngelepas puting (mungkin terlalu
deras) sampe pipi n lehernya jadi merah2 kena ruam asi.

waktu anak pertama awal2 juga begini, makanya trus aku kasih formula..jadi
nya kalo malem minum susu formula. sekarang aku lagi pertimbangan mau kasih
formula atau ga.

apa yang salah sih.. bingung nih.. minta sarannya yah.

FREE pop-up blocking with the new MSN Toolbar - get it now!
http://toolbar.msn.click-url.com/go/onm00200415ave/direct/01/