Saya punya pengalaman punya pembantu, bukan dari yayasan tapi dia datang
langsung menawarkan dirinya sendiri.  Dan ternyata kerjanya bagus banget
menurut saya, sampe saya itu sayang banget sama dia, saya berusaha "pegang"
dia agar jangan sampe keluar kerja dari saya, sampe semua kebutuhannya saya
penuhin termasuk pas dia ijin pulang dulu aja saya penuhi semua ongkos pp
dan oleh2nya padahal baru 2 bulanan di rumah saking takut kehilangan dia.
Eh akhirnya harus lepas juga karena dia ternyata mau nikah.  Saya sendiri
mau saja setelah nikah dia kerja lagi di rumah, malah waktu itu saya yang
nyaranin suaminya pindah aja ke sini cari kontrakkan deket rumah.  Ternyata
dia ga mau janji akhirnya saya cari yang lain.

Setelah nikah katanya dia susah cari kerja (saya sampe marah ke dia kenapa
ga menghubungi saya) katanya akhirnya dia terpaksa masuk yayasan.  Dia
telpon saya ketika sudah kerja lagi di tempat lain.  Dia cerita, dia
terpaksa bertahan 3 bulan dirumah itu.  Saya Tanya kenapa ?! karena kata
yayasan dia ga boleh pulang dulu selama 3 bulan kalo ngga gajinya tidak
diberikan (padahal ketika saya Tanya memangnya gajinya diberikan lewat
yayasan dulu atau dipotong, katanya ngga juga sich, saya pikir si yayasan
cuman nakut-nakutin saja) nach setelah 3 bulan silahkan saja kalo mau stop
kerja.  Eh ternyata dia sudah 2 kali pindah kerja karena katanya ga betah
dan memang karena sudah bersuami dia harus bolak balik ke kampung karena
harus nengokin suaminya.  Wah saya pikir memang yayasan itu (hamper semua
yayasan kali ya) punya permainan, dimana dengan customer kan dikontraknya
diberi garansi umumnya 3 bulan saja. Jadi mungkin saja semua pbt lewat
yayasan dipatok 3 bulan ga boleh pulang agar masa garansi habis dulu.
Setelah itu terserah karena jaminan sudah habis.