Mbak Shinta,Dulu ketika anak pertama saya baru lahir, saya itu kurang PD.Trus
karena "kuping" saya terbuka, saya sering kuatir.Apalagi kalau mendengar suster
bayi dan orang2 sekeliling selalu bilang," Nanti anaknya kurang kenyang
dsb.....dst...dsb.....!", akhirnya anak pertama saya campur susu formula dan
ASI, Tapi yang terjadi justru Jacqueline memilih ASI dari pada Formula.Karena
sudah putus asa, saya sampai ke klinik laktasi.Malah sampai sang suster di
klinik laktasi bilang gini,"Ibu, kalau memang ibumau memberi kesempatan,kita
coba seminggu,hanya ASI tanpa air dll.Bila anak ibu timbangan
berkurang,terserah ibu mau pakai susu Formula!".Akhirnya saya jalani nasihat
dari klinik laktasi.Hasilnya???? Anak saya dalam seminggu timbangannya naik 500
gr.Padahal nyusunya cuma 5 menitan.Akhirnya dia mimiknya cuma ASI sampai 8
bulan karena saya hamil dan kandungan saya lemah, maka ASI saya stop.Pada anak
kedua, sampai suster di RS saya wanti2 untuk tidak memberikan air putih dan
susu formula.Hasilnya??? Anak saya montok banget.Jadi kuncinya satu,PEDE.Malah
tadinya setelah Gillian setahun, saya berencana memberikan susu Formula tapi
karena dukungan dari rekan2 milis, akhirnya saya malah tetap menyusui Gillian
sampai sekarang ( Gillian baru ulang tahun tgl 29 Juni kemarin).Ingat
mbak,jangan diberi air putih.Ketika masih ASI Eksklusif,Gillian tidak pernah
sakit,baik panas waktu tumbuh gigi atau sakit lainnya.Sekedar tips ya, saya
memberikan ASI intervalnya 2 jam sekali.Misalkan jam 1 saya beri ASI dari
payudara sebelah kanan,payudara sebelah kiri saya perah juga.Jam 3 saya
menyusuinya dari payudara sebelah kiri sementaha payudara sebelah kanan saya
perah juga.Begitu pula selanjutnya.Kalau menurut nasihat dari klinik
laktasi,diselang waktu tersebut ASI perah diberikan dengan sendok.Tapi karena
ASI saya cukup banyak, ASI perahan malah saya berikan buat sang
kakak.Toh...anak saya montok padahal dia kalau nyusu sering sekali cuma 5 atau
10 menit.Dulu saya
suka minum susu Prenagen tapi ternyata bukan susu Prenagen yang bisa membuat
ASI banyak, yang benar kita minum susu supaya kalsium kita tidak berkurang
karena kan kita menyusui.Setelah anak saya berusia 40 hari,saya mulai tidak
pantang makan.Sebelum 40 hari, saya cuma mengkonsumsi ayam arak dan daging2an
karena kalau menurut kepercayaan kacang hijau dan segala daun2an hijau bisa
bikin masuk angin.Nah setelah 40 hari ketika saya mulai tidak pantang makan,
ASI saya mulai melimpah.Saya makan dan minum seperti biasa.Memang untuk kuah
dan minum serta susu segar porsinya saya perbanyak.Toh dalam waktu 6 bulan,
timbangan saya susut 10 kg.Padahal tadinya saya tidak percaya timbangan bisa
susut sedemikian cepat. Gitu aja ya sharing dari saya. Susan

No banners. No pop-ups. No kidding.
Make My Way  your home on the Web - http://www.myway.com

Kirim email ke