"Saya Bersedia" Selamanya

 jawabanCom - Saya dan pasangan saya besok akan merayakan 30 tahun usia

 pernikahan kami. Ya benar, itu 28 tahun lebih lama dari perkawinan Britney dan

 J-Lo dijadikan satu. Orang-orang secara serius atau bercanda suka bertanya,

 (Embedded image moved to file: pic10799.jpg) "Apa rahasianya?". Kadang jawaban

 saya juga setangah bercanda dan setengah serius. Namun kali ini tampaknya

 penting bagi saya untuk memberi tips-tips penting bagi pasangan muda untuk
bisa
 bertahan dalam pernikahan selama lebih dari 30 tahun alias selama-lamanya.

 8. Cintai pasangan anda apa adanya. Jangan terapkan standar yang ketinggian

 untuk pasangan anda. Jangan terlalu banyak menonton film-film barat sehingga

 pasangan anda akhirnya harus berdandan atau berpolah seperti mereka. Terapkan
"I
 love you just the way you are".

 7. Hati-hati karena "cinta romantis" hanya bertahan sekitar 3 bulan saja.
Kalau
 anda hanya mengandalkan "getaran kimia" dengan pasangan, maka skala 10 yang

 tercipta pada awal-awal membangun hubungan akan menurun menjadi skala 5 dalam

 waktu 90 hari saja. Dalam 6 bulan, masa jatuh cinta sampai sulit tidur atau

 sulit makan itu akan menurun skalanya hingga mencapai 2,5. Mangkanya banyak

 sekali kisah cinta di luar sana yang makin lama makin hambar dan akhirnya
bubar
 jalan. Kabar baiknya ialah ada satu jenis hubungan cinta yang didasarkan pada

 kasih yang murni dan komitmen, yang bisa bertahan sampai selama-lamanya. Pilih

 jenis cinta ini!

 6. Ketahuilah bahwa biaya untuk mengurus perceraian jauh lebih mahal daripada

 untuk mengurus konseling pernikahan. Karena itu, jika ada masalah dalam rumah

 tangga, pikirkan cara untuk menyelesaikannya bukan untuk mengakhiri pernikahan

 itu sendiri.

 5. Perlakukan satu sama lain dengan seimbang dan rata baik secara mental,
sosial
 dan spiritual. Pasangan saya selalu memperlakukan saya dengan baik dan
terhormat
 seperti saya ini lulusan sarjana. Padahal kalau mau buka rahasia, SMA saja
saya
 tidak tamat.

 (Embedded image moved to file: pic32027.jpg)4. Cari dan nikmati hobi bersama.

 Pasangan yang memiliki minimal satu saja hobi yang sama akan makin dieratkan

 oleh hobi yang sama itu.

 3. Beri satu sama lain 'ruangan' untuk mengejar mimpi masing-masing. Saya
sangat
 senang karena pasangan saya memberi saya ruangan dan dukungan untuk mengejar

 mimpi saya menjadi seorang penulis. Walau perkerjaannya tidak tetap dan

 penghasilannya pun tidak terlalu wah, tetapi ia selalu mendukung saya. Ia
tidak
 mengkuliahi saya untuk mengejar mimpi orang lain. Saya juga selalu
mendorongnya
 untuk menjadi produser terkenal seperti sekarang, karena saya tahu itu adalah

 mimpinya.

 2. Buang kepercayaan bahwa ayah itu kerja kantoran sedangkan ibu kerja
rumahan.
 Usahakan kedua-duanya punya peran yang berimbang di rumah. Kalau bisa, jangan

 hanya istri yang memotong bawang di dapur serta mencuci piring. Suami juga
harus
 melakukannya. Ini bukan hanya baik bagi pasangan itu saja, tapi juga baik bagi

 anak-anak nantinya.

 1. Yang paling penting dalam hubungan ialah bahwa sebuah pasangan harus
menyatu
 dalam iman yang kuat. Pasangan yang sama-sama memiliki kasih Tuhan yang kuat

 akan semakin kuat pula dalam membina hubungan selama bertahun?tahun.
Praktikkan
 hal ini dan anda akan melihat buktinya!

 Cukup sampai disini tips-tips dari saya.