From: Chandra Puri [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, March 08, 2005 4:48 PM
To: [EMAIL PROTECTED]; [EMAIL PROTECTED];
[EMAIL PROTECTED]
Subject: [IASMASA-List] replyan : ttg beware of 'E'ingredients

Saya kurang paham dengan maksud penulisan imel di
paling bawah ini,tetapi so far pas saya cek di buku
martindale saya,kok ndak seperti yang disimpulkan
penulis imel yaa...

Tanpa mengurangi maksud si penulis agar kita
senantiasa berhati2 dalam pemilihan jenis makanan,obat
dan produk2 lain,berikut beberapa yang saya dapet di
martindale,...capek juga mbolak-mbalik buku,apalagi
ada harapan isi penulisan imel ttg itu bener,eh,..lha
kok justru  kepingkel2,menertawakan diri sendiri,"kena
deh kita dikerjain",....:(

-Dera Apt.,Farmasi itebe'90-

----hasil pencarian dera------

sumber: Martindale,the Extra Pharmacopoeia ed.29

E100 adalah Turmeric (martindale,page 860)
turmeric berasal dari the dried rhizoma of
Curcumalonga(kel.zingiberaceae)
sejenis kunir eh,kunyit,jahe, kencur

E110 adalah zat pewarna Sunset yellow FCF (martndale
page 860)

E120 adalah Carmine(martindale page 858)
the aluminium lake or aluminium calc.lake of the
colouring matter of cochineal.

E140 adalah Chlorophyl(martindale page 858)
green colouring mattter of  plants

E141adalah chlorophyl yang membentuk kompleks dengan
copper (martindale p.858)

E210 adalahBenzoic Acid(asam benzoat)
(martindale,p.1355)

E214 adalah Ethyl hidroxybenzoat (Martindale,p.1356)

E216 adalah Propyl hydroxybenzoat(Martindale,p.1356)

E252 adalah Potassium Nitrat (martindale,p.1606)
KNO3

E270 adalh Lactid Acid/asam laktak(martindale,p.1581)
C3H6O3

E280 adalah propionic acid atau asam propionat
(martindale,p.433)

E325 adalah Sodium lactat (martindale,p.1028)

E326 adalah Potassium lactat (martindale,p.1581)

E327 adalah Calcium Lactat (martindale,p.1031)

E334 adalah Tartaric acid(asam tartrat)
(Martindale,p.1620)

E335 adalah Sodium Potassium Tartrat
(martindale,p.1107)

E336 adalah Potasium Tartrat (Martindale,p.1104)

E337adalah Kalium Natrium Tartaricum (p.1107)

E422 adalah Glycerol(p.1128)
turunan alkohol say..

E440 bermakna pectin ((martindale,The Extra
Pharmacopoeia,ed.29,hal 1436)
adalah  a purified carbohydrat product obtained from
the dilute acid extract of the inner portion of the
rind of citrus fruits or form apple pomace

E400 berarti Alginic Acid (martindale The Extra
Pharmacopoeia,ed.29,hal.1432)
adalah hasil ekstraksi dari  alga Luminaria sp.
Alginat adalah zat pemekat atau emulsifier yang
diambil dari tanaman sejenis ganggang

E401 bermakna Sodium Alginate(martindale The Extra
Pharmacopoeia,ed.29,hal.1432)
adalah bentuk basa dari alginat (alginic acid adalah
bentuk asam)

E407 bermakna Carrageenan (martindale,The Extra
Pharmacopoeia,ed.29,hal 1433)
adalah hasilekstraksi dengan air atau air beralkali
dari kelas Rhodophyceae (red seaweeds)
jenis ganggang laut juga

E460 bermakna Microcrystalline cellulose/powered
Cellulose (martindale,The Extra
Pharmacopoeia,ed.29,hal 1434)
Cellulose atau Selulosa adalah:
Serat yang tidak larut dalam air

E410 bermakna ceratonia,biasanya berbentuk gum/semacam
getah(martindale,The Extra Pharmacopoeia,ed.29,hal
1434)
adalah bentuk endosperm yang dipisahkan dari biji
tumbuhan locust bean, Ceratonia siliqua(leguminosa)

E462 bermakna ethylcellulose(martindale,The Extra

----akhir pencarian dera,capek euy--------------------

keep smile and take care
-Dera-