From: Yuliana Dewi
Date: 07/24/05 16:00:04
To: 'balita-anda@balita-anda.com'
Subject: [balita-anda] Sharing-penanganan sakit balita

Hari minggu gini, BA sepi, mo kerja males :), pengen sharing pengalaman
ahhh,....

Anak saya sekarang 10 bulan. Selama ini kalo sakit selalu saya coba terapkan
home treatment dari BA dan Alhamdulillah berhasil (thanks ya mbak Intan,
mbak Mel, mbak ade, mbak rifa dll).
1. Usia hampir 8 bln, diare. Pup bisa sampai 6X sehari, cair agak berlendir
kira2 seminggu lebih... Saya beri banyak minum air putih dan jus buah, cari
pedialit tapi di apotik sini ternyata gak ada :).
2. Usia 8.5 bulan demam sampai 39.6C. Saya bawa ke dokter umum (cuma utk
bikin tenang suami :)) tapi ternyata diberi ab dan parasetamol, hanya
parasetamol aja yang saya kasih, saya beri banyak minum, kadang kompres air
hangat, kadang direndam air hangat dan ternyata panasnya turun setelah 3
hari, kemudian muncul bintik2 merah di muka dan badannya, ternyata roseola.
3. Usia 9 bulan batuk pilek. Saya treatment dengan melembabkan kamar saat
dia tidur dengan menaruh seember air panas ditetesi kayu putih, memberi
banyak minum air putih hangat. Cari breathy tapi gak ada di apotik sini :(.
Selama batuk pilek, tiap hari muntah bisa 4X lebih, tapi gak apa2 soalnya
lendirnya ternyata ikut dimuntahkan. Dengan treatment ini, dia sembuh dalam
3 hari.

Jadi selama ini, hanya parasetamol saja, obat yang masuk ke tubuhnya.
Mudah2an dengan begitu, badannya bisa belajar membentuk imun sehingga tidak
mudah sakit nantinya. Memang sih treatment seperti ini butuh perasaan
'tegaan' :) soalnya kan kadang kalo dia sudah batuk sampai merah mukanya dan
juga susah bernapas rasanya gimana gitu.. apalagi kakek neneknya bolak balik
telpon nyuruh bawa ke dokter.

Tujuan sharing ini, saya hanya ingin berbagi pengalaman saja, bahwa ternyata
home treatment seperti diatas bisa berhasil lo, jadi gak perlu ke dokter
apalagi minum obat macam2. Asal kita melakukannya dengan benar dan yakin.
Memang sih saya terbantu dengan kondisi anak saya yang gak mudah sakit
(padahal gak minum vitamin, suplemen, madu atau obat macem2), tidak susah
makan (pernah sih susah tapi selalu bisa saya atasi dengan memvariasikan
makanannya) dan tidak terlalu rewel walaupun sedang sakit.
Sekarang saya tinggal cari breathy dan pedialit nih buat jaga2... mmmm..
jalan2 nih awal bulan depan :)

Semoga sharing ini berguna.... dan gak bikin bt bacanya di hari senin besok
:))

-salam-
IbunyaFaizA
yangmauburu2pulangketemuFaizdanntarmalemnontonF1-asyikloh-^o^