He he he...tidak salah juga pendapatnya.

Artikel yg aku kirim sebetulnya berupa tabel. Di sisi paling kiri adalah
aktivitas apa yg dikuasai, kolom ke dua 50%, kolom ke tiga 75% dan kolom
ke empat 90%.

Misalnya begini.

Motorik Kasar
Tengkurap, mengangkat kepala, pandangan lurus ke depan  2 bln   2 ½ bln
3 ½ bln
Tengkurap, mengangkat kepala dan dada ditunjang oleh lengan atau
tangannya       3       3 ½   4 ½
Berguling ke segala arah        2 ½     3 ½     4 ½

Bacanya :

Tengkurap, mengangkat kepala, pandangan lurus ke depan sudah bisa
dilakukan oleh 50% persen bayi yg berusia 2 bulan, tapi bukan berarti
kalau 3 bulan baru bisa melakukan itu sudah terlambat, karena menurut
data setelah bayi 3 1/2 bulan hampir 90% bisa melakukan.Kalau bayi usia
4 1/2 bulan belum bisa melakukan kegiatan itu baru kita merasa khawatir.
Khawatir. Itu kunci utama saya berusaha memberi cuplikan tabel data.
Meskipun berasal dari seri Ayahbunda yg lama tapi dengan adanya tabel
ini paling tidak kita jadi tahu apa yang bisa dicapai anak pada umur
tertentu. Banyak yg merasa khawatir kok anak saya sudah 1 tahun belum
bisa berjalan sementara anak tetangga baru 10 bulan sudah berjalan. Kok
anak saya belum bisa tengkurap padahal sepupunya yang usianya sama sudah
bisa. Kok anak saya sudah minta dititah padahal usianya baru 10 bulan
padahal saudaranya dulu baru 1 tahun minta dititah. Padahal perkembangan
anak berbeda, tetapi tetap ada batas waktunya. Seperti berjalan misalnya
50% bayi usia 12 bulan sudah bisa berjalan, tetapi kalau belum bisa
jalan tidak usah khawatir karena memang pada usia 14 bulan 90% atau
hampir semua anak baru bisa berjalan. Kalau umur 14 bulan belum bisa
berjalan baru kita cari tahu ada apa.

Dengan adanya panduan seperti yg ada di ayahbunda kita tahu. IMHO. Soali
saya membesarkan Nadya sendirian dalam arti jauh dari sanak saudara jadi
yg namanya buku dan majalah tentang perkembangan anak habis saya lahap.

Atau untuk buklet mengoptimalkan motorik kasar bayi 0 -12 bulan, seperti
ini :

Pada usia 0-3 bulan apa saja yg seharusnya sudah bisa dilakukan bayi.
Misalnya
Mengangkat kepala. Nah, untuk merangsang supaya dia bisa mengangkat
kepala apa yg harus dilakukan. Di situ tertulis supaya anak bisa
mengangkat kepala maka stimulasi yg kita berikan adalah membaringkan
bayi dlam posisi tengkurap. Kemudian supaya bayi kepalanya tegak saat
didudukkan ya kita mesti memberi stimulasi dengan mendudukkannya.

Tabel : Perkembangan & Rangsangan Motor Bayi Usia 0-3 Bulan

Perkembangan motor kasar        Rangsangan yg diberikan

Mengangkat kepala dalam posisi tengkurap        Membaringkan bayi dalam
posisi tengkurap
Kepala tegak ketika didudukkan  Melatihnya duduk

Jadi begitulah ibu-biu dan bapak-bapak. Karena saya amat sangat
tertolong dengan adanya TEORI itu, maka saya ingin sharing siapa tahu
ada orang semacam saya (he he he) di milis ba ini.

Rina rinso

www.keluargarustamaji.blog.com