Moms.........

Mohon pencerahan ttg yoghurt ama yakult u/ membantu susah BAB anak
batita.......
 info singkat saya dapet dari japri ama mba farah, en ada info ttg
penjelasan di bawah ini.......

soalnya salma termasuk susah BAB, susah makan sayur ama susah buah.......
pup bisa maksimal seminggu sekali, nah besok aku ada jadwal bawa ke dr.
badriul hegar......
mungkin sbg info u/ aku aja......

nah , yoghurt , yakult, UHT  emang gimana efeknya u/ bantu susah pup ?
kalo' pun iya, berapa ukuran u/ yakult ? soalnya salma kalo' liat 3 yah
tiga-tiganya diminum, yoghurt petit miam 2 yah dua-duanya dimakan.....

soalnya kalo' dibanding adeknya, sama2 makan yg sama , susu yg
sama......kok daffa bisa 2 hari sekali dg kondisi biasa, tp salma ampe harus
masukiin dulcolax / microlax itupun seminggu.........
sedih deh liat salma kalo' pup.......

mohon info en sorry kalo' udah pernah dibahas , japri aja yah mba....

thx......
   Anak Balita Susah Buang Air Besar
  Monday, 1 Aug 2005
  Teguh --- bekasi
  Ibu purnamawati, anak saya wanita berumur 2 tahun mempunyai masalah dengan
buang air besar. Setiap mau buang air besar selalu menangis. dan buang air
besarnya setiap 3 hari sekali, itupun sedikit sedikit. Padahal sudah setiap
hari makan pepaya, dan sayur serta banyak minum.
  saya pernah konsultasi dengan dokter spesialis anak.

  Oleh dokter di beri obat pencahar dan vitamin. Kata dokter kalau tidak ada
perubahan harus di cek di dokter bedah. pertanyaan saya :

  a..
    Apakah sedemikian parah apa yang diderita anak saya, hingga dokter
mengatakan demikian?
    2. Apa yang harus saya lakukan agar anak saya bisa rutin buang air
besarnya?
    3. berbahayakan jika rutin minum obat pencahar?

  demikian pertanyaan saya, terima kasih.

  Jawaban:
  Dear Teguh
  Terimakasih atas email dan pertanyaannya
  Masalah konstipasi memang semakin meningkat sejak beberapa tahun terakhir.
Penyebabnya ya pola hidup. Saat ini kita banyak mengkonsumsi makanan instan,
kurang serat, kurang minum, kurang bergerak dst dst

  Nah untuk anakmu ... kalau boleh saya memberikan saran:

    Tambah asupan seratnya coba buat lalapan kukus atau mentah hehehe anak
sekarang gak kenal lalap ya

    1.. Coba tambah buahnya (bukan blender nya dan jangan cuma pepaya...
nanas, mangga, tomat, dst dst)

    2.. Berikan yogurt

    3.. Sarapan oatmeal atau roti gandum selang seling

    4.. Banyak minum

    5.. Kegiatan fisik diperhatikan ... jangan sampai anak banyak duduk di
depan TV

    6.. Susu .. UHT saja dan 500 - 600 ml sehari sudah cukup
    susu-susu bersuplemen termasuk zat besi atau AA DHA memang bisa
menyebabkan sembelit

  Nah saya sih gak akan kasih pencahar dan vitamin nya. Pola makan sehat
saja.

  Kabari lagi ya .. semoga sukses
  wati