1. Tergantung kebutuhan, katakanlah sampai 5 tahun kedepan.
Kalo saya sich cukup dengan yg 7-8 kg, dan satu tabung yg
biasa aja.   Yg penting juga nggak berisik suaranya.  Saya
pakai punya Samsung di rumah.  Dan kayaknya sich antar
merk rata rata sama lah kualitasnya.  Ada child lock nya pula.
Eh iya yg 8 kg dulu harganya gak sampai 2 jt kok, paling
1.7 jt-an dech.

Eh, iya, kalo bisa yg drum bagian dalamnya stainless stell,
katanya sich lebih awet daripada yg plastik.  Jangan lupa
taruh tempat kering, jangan di dalam kamar mandi, kecuali
kalau  kamar mandinya berlapis, ada bagian kering dan
basahannya.

Praktis, masukin sabun ama pelembut, nyalain air, nyalain
power, setting otomatis  pilihannya yg pakai fuzzy logic itu,
dan, go, bisa ditinggal dech.  Sejam kemudian udah selesai
dengan hasil agak kering dan tinggal di jemur ajah ....

2. Menurut saya sich buat keluarga inti, gak perlu sampai
yg front loading 10 kg keatas hue he he kecuali dibisnisin
ke anak kos, jadi mesin cuci/ binatu mandiri.  Soalnya yg
front loading ini pemakaian listriknya gila gilaan.

salam,
Ari Condro