Pak hendra..
Pilek pnyebabnya bisa krn virus or alergi…
Kalo krn virus sih umumnya 5 hari but bisa juga sampai
2 minggu tergantung dr ketahanan tubuh anaknya
Kalo pileknya karna alergi ya hindari pencetus
alerginya….
Cara yg bapak lakukan udah bener kok.. sabar aja
tinggal tunggu hasilnya…perbanyak Asi aja n asupan yg
bergizi (kalo gak ASI ya susu..but kalo bisa sih ASI)

Sharing nih. Kavinku pas 2-3 bln juga alergi dingin..
keturunan dr papanya.. awalnya aku hindari tempat2
dingin… but  mulai Kavin 3 bln  pelan aku mulai
biasain Kavin ma udara dingin dg jalan2 pagi.. emang
sih jebras jebres.. but habis gitu aku jemur di
matahari pagi n malemnya aku treatment sendiri diuapin
ma air panas n minyak kayu putih.. puji Tuhan lama2
sembuh alerginya samope sekarang..

Uci mamaKavin
http://oetjipop.multiply.com

PS: ini aku ada sedikit artikel ttg flu n sinusitis dr
milis SEHAT

COLDS AND FLU

Penyebabnya infeksi virus. Umumnya berlangsung selama
5 hari (3 – 14 hari rentangnya) tergantung daya tahan
tubuh dan tergantung ada tidaknya penderita flu di
rumah atau di sekolah. Jika bai dan anak memiliki
saudara kandung yang lebih besar dan sudah bersekolah,
maka ia sangat potensial sering mengalami colds & flu.
Tidak ada obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Daya tahan tubuh anak terhadap infeksi virus flu akan
meningkat sejalan dengan waktu

Tatalaksana:
v Yang paling dibutuhkan adalah cairan, sering minum
meski sedikit2.
v Supaya ”ingus” tidak kental dan menyumbat jalan
nafas, berikan air garam steril sebagai tetes hidung.
Air garam steril ini tidak akan menimbulkan efek
samping. Menghirup uap air panas juga banyak membantu
saat mengalami colds & flu.
v Apabila pada malam hari tiak dapat tidur karena
hidung tersumbat, beri tetes hidung untuk
menghilangkan pembengkakan di dalam hidung (Breathy).
v Humid environment, jangan kering seperti dalam
ruangan berAC. Kalau perlu, taruh satu ember berisi
air mendidih setelah anak tidur.
v Paracetamol – bila bayi/anak uncomfortable atau high
fever (>38.5)
v Di lain pihak, kita sering mengacaukan alergi dengan
flu. Pada alergi yg mengenai hidung, anak juga akan
”meler” tetapi anak tidak demam, tetap aktif bermain.
Bukan berarti juga anak menderita infeksi virus flu.

Pencegahan:
v Sering cuci tangan
v Hindari kontak erat dengan penderita flu
v Jaga kebersihan rumah seperti di kamar mandi, dapur,
dsb.

Kapan menghubungi dokter?
v Persistent cough, fever > 72 hours
v Sesak nafas, kuku dan bibir tampak biru
v Luar biasa rewel, atau luar biasa mengantuk (sangat
sulit dibangunkan)

Ingat: Tidak ada obat pilek yang efektif untuk bayi
dan anak.
Sinusitis
Although inflammation of the sinuses is very common in
children and usually accompanies an infection with a
cold virus, this is not a true sinus infection and
does not need antibiotics to clear up. The sinuses are
very undeveloped in children under two years of age,
and they are not fully developed until your child is a
teenager.

A true sinus infection usually follows a cold and it
is caused by bacteria. While the congestion and runny
nose of a cold usually clears up in ten to fourteen
days, if it persists longer than this than your child
probably has a sinus infection. Other signs of
sinusitis include facial pain over the sinuses,
drainage in the back of the throat, persistent fever
or cough, and bad breath.

Sinus infections do require antibiotics to clear up,
but remember that if your child has a runny nose for
less than ten to fourteen days, then it is probably
caused by a cold virus and he does not need an
antibiotic for treatment.