Mbak Oswi,

Memang ada baiknya kita bersikap tegas kepada anak, tetapi mesti tahu dulu
penyebabnya. Biasanya anak melakukan sesuatu karena dia mencontoh hal-hal yang
dia lihat di sekitarnya misalnya pergaulan dengan tetangga, nonton TV, atau
pembantu/BS kita melakukan hal seperti itu terhadapnya.

Memang sebagai orangtua yang bekerja, agak sulit buat kita mengontrol anak.
Sebaiknya tingkatkan pelajaran agama buat anak kita dan lakukan pendekatan
kepadanya secara baik-baik sebagai teman jangan kita berkeras dulu terhadapnya.
Jadi anak akan lebih enak mengeluarkan unek-unek yang ada di hatinya terhadap
kita.

Saya juga mengalami hal ini di mana salah satu anak saya lebih dekat ke suami
dibandingkan ke saya dan dia cenderung lebih sayang sama suami saya. Tapi tetap
saya tidak membeda-bedakan kedua anak saya dan setelah kita dekati secara
baik-baik dia tidak lagi menyatakan ketidaksukaannya terhadap saya. Misalnya
kalau mau pergi kerja saya mencium kedua pipi anak saya, mengajak anak saya
bercanda, bermain bersama, mengajarinya belajar dll masih banyak lagi.

Cuma itu sharing dari saya, Mbak. Semoga bermanfaat buat Mbak.

Rgrds,
Lilis

Ossi Roswihati <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Dear Smart parents,

Anak saya yg pertama, Ibam, 4.5 th, kenapa ya tiba2x menjadi bandel? Dia
suka melakukan hal2x yg sebelumnya tidak pernah dia lakukan. Misal,
mengejek tukang2x & pembantu yg sedang bekerja di rumah, memukul,
melempar barang, kalau ada telpon berdering dia cepat mengangkat trus
teriak "SIAPA YAA..." & langsung ditutup, memukul-mukul kursi sambil
teriak2x.. Yg menyedihkan, kalau dikasi tau baik2x, dia langsung
mengamuk & bilang "Bunda jahat, enak aja marah2x ke aku! Pokoknya kalo
bunda pulang kantor aku mau tidur aja! ...(padahal saya ngasi taunya
sama sekali ngga bernada tinggi)

Bingung...sama sekali ngga bisa dikasi tau..

Sejauh ini saya masih coba bersabar, dengan tidak terpancing emosi..tapi
semalam tiba2x dia bilang "Bunda Setan!" hanya gara2x dikasi tau secara
baik2x untuk tidak teriak2x di saat adiknya mau tidur. Sedih sekali,
padahal selama ini ngga ada di rumah yg suka berkata kasar seperti
itu...apalagi ke Ibam

Gimana ya cara menyikapinya? Saya & ayahnya sepakat untuk kompak bahwa
kita harus bersikap tegas. Karena biasanya kalau Ibam marah ke saya, dia
akan teriak "Aku mau berteman sama ayah aja!" & gitu juga sebaliknya.
Sekarang karena saya & ayahnya kompak, dia kalo marah ke kita, mendekat
ke adiknya, Ghazy, 5 bln, sambil merayu " Dedek manis...aku mau berteman
sama dede aja ya...bunda sama ayah jahat2x.." katanya sambil sibuk
memberikan mainan2x & mengajak Dedenya becanda...

Gimana doonk???

Mohon sharingnya ya Moms & Dads...

Saya khawatir salah bersikap bisa menyebabkan ke"bandel"an Ibam saat ini
menjadi permanent...

Naudzubillahi Min dzalik...

Ossi (BundaIbam&Ghazy)

*Yglagisedih&bingunggimanaharusbersikap*

This e-mail, including any attached files, may contain confidential and
privileged information for the sole use of the intended recipient. Any review,
use, distribution, or disclosure by others is strictly prohibited. If you are
not the intended recipient (or authorized to receive information for the
intended recipient), please contact the sender by reply e-mail and delete all
copies of this message.