Klo Hamzah mulai usia 18 bulan sudah bisa BAB sendiri tapi di wc jongkok,
kan kakinya Hamzah masih pendek jadi duduknya disamping, klo pakai toilet
duduk, Hamzah gak mau, jijik katanya, hamzah ni anaknya jijikan, jadi klo
pingin BAB dia cepet-cepet lepas celana dan masuk wc deh, baru klo dah
selesai teriak-teriak dah buk... buk... sudah....
mungkin waktu masih kecil dah punya adek, jadinya Hamzah mandiri klo urusan
BAB ama BAK.
tapi klo BAK, Hamzah suka sembarangan, tapi paling senang di pot... he....
he... he....
 Sebenernya klo BAK ini kesalahan yang ngajarin, eyang kungnya Hamzah kan
sayang banget ama Hamzah, katanya kasihan cucu pertamanya itu, masih bayi
dah punya adek, jadinya sering dijemput ama Eyang kungnya. Umuran 16 bulan
kan pipisnya dah pesing sekali, dan hamzah klo pipis ndak pernah kasih tau,
trus dibilangin tuh kasian pohon mangganya Bapak (Hamzah klo pangggil
kakeknya Bapak) ntar mati klo ndak dipipisin, jadilah Hamzah suka pipis di
halaman, di pot bunga, pokoknya dihalaman.
 Lain sama Azis, dia bisa BAK dan tidak ngompol lagi karena niru kakaknya.
Tapi klo BAB Azis tetap sembarangan, tapi biasanya bisa ditebak, klo
mukannya dah merah dan Aziz diem aja berarti dia pingin BAB. pelan-pelan
juga saya ajarin tapi sampe sekarang belum bisa BAB sendiri, musti ditemenin
ke wc, padahal aziz dah 1 th 7 bulan.
 Saya juga pakai cara yang sama dengan Hamzah, kan anak-anak klo BAB musti
sekitar jam bangun tidur. Saya siapkan segayung air di samping toilet,
sambil main air Hamzah BAB. Biasanya Hamzah duluan baru Azis.
 Klo daffa dah bisa jongkok ato duduk berarti dah mulai bisa di - toilet
training mba'. tapi klo sampe berapa lama bisanya itu tergantung ama kita
yang ngelatih juga putranya.

--
Tetap semangat

Rhein Astrisandy