Pak Rafif,

anak saya juga waktu 1 bln pas rambutnya dipotong di belakang kepalanya
terlihat tanda merah  (bulat krg lbh 5 cm).
Menurut DSA  itu karena pembuluh darahnya & nanti bisa hilang sendiri. Dan
memang semakin lama tanda merahnya itu semakin memudar. Sekarang (5.5 bln)
tanda merahnya itu sudah tinggal sedikit saja.
Di CBN pernah juga ada yg menanyakan mengenai hemangioma, ini saya copy &
paste ya artikelnya.
Semoga membantu.

. Hemangioma
Thursday, 18 Aug 2005
Budi Herdiyanto --- Semarang
Dr. Purnamawati, SpAK, MMPaed yth,
Saya Budi di Semarang, ada sedikit permasalahan dengan anak kami yang saat
ini masih berumur 2 bulan.

Anak kami lahir Normal namun dalam golongan Berat Badan Kurang, berat saat
lahir 2,2 kg, sekarang berusia 2 bulan dengan berat badan 3,8 kg dan sehat.
Saat lahir di kulit kepala muncul tanda merah sebasar biji mentimun tetapi
tidak menonjol. Kami mengira tanda tersebut semacam TOH kata orang jawa,
namun saat ini setelah berumur 2 bulan tanda merah tersebut bertambah besar
kira-kira 1 cm dan sedikit menonjol, saya sudah periksakan ke Dokter Anak
katanya tanda tsb namanya Hemangioma (pelebaran pembuluh darah), kata dokter
tidak terlalu berbahaya dan ada kemungkinan bisa hilang dengan sendirinya
dan sarannya tidak boleh dipegang2, oleh dokter tidak diberikan obat apapun
buat si kecil.

Pertanyaan saya: benarkah tanda tsb tidak terlalu berbahaya dan bisakah
hilang dengan sendirinya, dan adakah obat semacam salep atau sejenisnya yang
dapat menghilangkan atau mengurangi tanda merah dan menonjol dikepala si
kecil?

Atas jawabannya diucapkan terima kasih.

salam,
Budi H

Jawaban:
Dear Budi di Semarang

Terimakasih atas email dan pertanyaanmu

Hemangioma merupakan kumpulan pembuluh darah yang melebar di bawah permukaan
kulit dan tampak sebagai tonjolan merah kebiruan. Meskipun amat langka,
hemangioma juga bisa terjadi di organ dalam seperti hati, limpa, atau di
kelenjar pancreas.

Pada sebagian anak, hemangioma sudah nampak sejak bayi baru lahir; tetapi
pada sebagian anak lainnya, hemangioma baru muncul dalam empat minggu
pertama sejak lahir. Sampai saat ini, dunia kedokteran belum mengetahui
penyebab terjadinya hemangioma.

Pada awalnya, hemangiomanya mendatar tetapi sejalan dengan waktu, terjadi
proses pertumbuhan yang cukup prgresif pada usia 6 - 12 bulan. Pembuluh
darah yang melebar tersebut jumlahnya semakin bertambah banyak sehingga
sering membuat orang tua cemas. Padahal, sesudah terjadinya fase pertumbuhan
tersebut, biasanya saat anak berusia lebih dari 1 tahun, hemangioma ini
perlahan-lahan akan memudar dan menghilang. Pada sejumlah 50% anak,
hemangioma benar-benar menghilang saat mereka berusia 5 tahun.

Hemangioma umumnya tidak berbahaya dan tidak mengganggu. Jarang sekali
hemangioma yang menyebabkan perdarahan. Oleh karena itu, pada umumnya terapi
tidak diperlukan. Dokter anakmu benar, tidak perlu cemas, tidak perlu obat
apapun termasuk salep. Doktermu akan memantau seandainya hemangioma ini
merupakan jenis yang memerlukan intervensi.

Semoga ulasan singkat ini menjawab pertanyaanmu

Peluk cium saya untuk si kecil

wati