On 10/20/05, Rahaditomo Muktiwibowo <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Bapak Ibu BA,
>
> Saya mo nanya... alergi susu sapi itu bisa sembuh dengan sendirinya
> ataukah
> anak harus ada pendekatan lain...??

   klo sepemahaman saya, ndak ada alergi susu sapi, tapi kemungkinan alergi
pada bahan-bahan campuran susu formula.
 dulu saya nganggap hamzah diare atau sering ada bercak dan gatal dikulitnya
karena alergi itupun berdasar informasi dari dsa-nya hamzah. Waktu itu saya
terpaksa kasih Hamzah susu formula karena saat Hamzah usia 8 bulan saya
tengah hamil Aziz, yang waktu itu kondisi kesehatan saya tidak sebagus waktu
hamil Hamzah, sehingga dikawatirkan akan mengganggu perkembangan janin
akhirnya saya disarankan dokter untuk sementara berhenti. Nanti klo adiknya
dah lahir bisa disusuin. Waktu itu saya kasih hamzah susu Nu..lon, tapi
Hamzah malah diare terus, trus disarankan ganti soya, memang sih setelah
pakai beberapa waktu berhenti. Kebetulan kami punya peternakan sapi perah,
sehingga hampir tiap pagi dan sore selalu tersedia susu hangat di meja
makan. Mungin karena saya sibuk merawat Azis atau masak Hamzah suka
curi-curi minum susu tersebut, ya saya sih ngiranya Ayahnya yang habisi,
ayahnya juga ngiranya paling-paling saya yang ngabisin ... ya , kan emang
porsi makan ibu menyusui lebih banyak...
 Secara tidak sengaja saya liat Hamzah minum susu itu setelah dia capek main
trus haus mungkin, dia langsung minum glek.. glek... saya biarin aja...
kawatir ntar dia takut trus malah ngak mau ambil lagi. Pantas-saja Hamzah
tetap seger-seger aja biarpun minum susu soyanya dikit.... hehehe...
ternyata....
 Pas tidur siang saya tanya. Hamzah suka sama susu yang dimeja? na' buk
manis (maksudnya enak buk dan manis) Aca abis mua (Hamzah habisin semua)
 waktu itu kejadiannya sebelum adiknya lahir, brarti hamzah masih 1 tahunan.
 karena itu saya anggap ngak ada yang namanya alergi susu sapi.
 tapi setelah Aziz lahir Hamzah ndak mau lagi minum asi, hamzah tetap minum
susu sapi segar, akhir-akhir ini malah susu coklat.

> ... Lebaran sebentar lagi ...
> +mayAllahuniteourfamilytogether+

 orang rantau ya pak?
met mudik, semoga Allah mengabulkan doa bapak, amin
 selamat menjalankan ibadah puasa

--
Tetap semangat

Rhein Astrisandy