mBak Oke,
Mendingan sih ke dokter aja… drpd ragu2 ma
penyakitnya.. lagian kan lagi hamil….

Kalo takut rubella yg lain mending periksa lab aja…
kan ada tuh periksa TORCH (tokso, rubella, n
citomeglovirus.. cmiiw kalo salah ejaan) yg buat ibu
hamil… ntar kalo udah kan mesti ada penanganan yg
berarti

Banyakin asupan gizi aja mbak n rajin2 periksa hamil…
Ok, moga2 sehat selalu sampe lahiran nanti

Take care n GBU!!
Uci mamaKavin
Ini aku ada artikel ttg malaria

dari dinkes-dki.go.id
MALARIA
1. Etiologi
  Penyakit Malaria adalah penyakit yang disebabkan
oleh infeksi protozoa
dari genus Plasmodium Masa tunas/inkubasi penyakit ini
dapat beberapa hari
sampai beberapa bulan.

2. Gejala Penyakit
  Gejala klasik adalah : suatu parokisme yang terdiri
dari 3 stadium, yaitu
:
    1.. Mengigil 15 - 60 menit
    2.. Demam 2 - 6 jam
    Timbul setelah penderita mengigil, demam biasanya
suhu sekitar 37,5 - 40

derajat, pada penderita hiper parasitemia (> 5%) suhu
meningkat sampai > 40
derajat celsius berlangsung

      1.. Berkeringat selama 2-4 jam, timbul setelah
demam terjadi akibat
gangguan metabolisme.

4. Cara Penularan
  Penyakit Malaria ditularkan melalui gigitan nyamuk
Anopheles yang
mengandung parasit:
    1.. Plasmodium falciparum penyebab malaria
tropika.
    2.. Plasmodium vivax penyebab penyakit malaria
tertiana
    3.. Plasmodium malarie penyebab malaria quartiana
    4.. Plasmodium ovale jarang ditemukan di Indonesia
  Ciri-ciri penyakit malaria adalah : sewaktu mengigit
akan membentuk sudut
sekitar 45 derjat.

5. Siklus Parasit Malaria
  Ketika nyamuk anopheles betina (yang mengandung
parasit malaria) menggigit

manusia, akan keluar sporozoit dari kelenjar ludah
nyamuk masuk ke dalam
darah dan jaringan hati. Dalam siklus hidupnya parasit
malaria membentuk
stadium sizon jaringan dalam sel hati (stadium
ekso-eritrositer). Setelah
sel hati pecah, akan keluar merozoit/kriptozoit yang
masuk ke erotrosit
membentuk stadium sizon dalam eritrosit (stadium
eritrositer). Disitu mulai
bentuk troposit muda sampai sizon tua/matang sehingga
eritrosit pecah dan
keluar merozoit

6. Kewaspadaan Masyarakat
  Bila masyarakat menjumpai anggota keluarga atau
tetangga dilingkungan
dengan gejala diatas segera dibawa ke Puskesmas untuk
pemeriksaan darah
tepi.

7. Pencegahan Penyakit
  Pencegahan dilakukan dengan :
    1.. Pemberantasan Sarang Nyamuk yang dapat menjadi
tempat perindukan
nyamuk.
    2.. Pemberian ikan kepala pada tempat jentik
nyamuk anopheles tinggal
    3.. Larvasasi tempat perindukan nyamuk anopheles.
    4.. Penggunaan kelambu
    5.. Menggunakan revelen sewaktu keluar / bekerja
di luar rumah pada
daerah endemis malaria.

8. Pengobatan
  Pengobatan tergantung sensifitas dan jenis
penyebabnya, dapat dipilih obat

anti malaria yang paling tepat untuk setipa.
Pengobatan terhadap penyakit
ini terutama ditujukan untuk penderita malaria,
masyarakat yang akan
berangkat kedaerah endemis dan masyarakat yang datang
dari daerah endemis.

9. Sistem Kewaspadaan Dini
  Laporan penderita penyakit dari rumah sakit dikirim
ke Puskesmas di
wilayah penderita untuk dilakukan penyelidikan
epidemiologi. Bila PE positif

maka hal yang dilakukan adalah:

    1.. Spraying dilaksanakan pada kasus-kasus dengan
PE positif, yaitu
sekitar 20 rumah dari kasus indeks.
    2.. Daerah KLB/ wabah DBD

--- "Oke Guntersah(ACCT, TRAD, Medan)"