On 11/16/05, Ira Rahmawati <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Parents,
>
> Mo nerusin pertanyaan saudara sepupu saya nih yg lagi dilema dgn
> kondisinya saat ini.....
>
> 1. Saat ini dia ketahuan hamil lagi, pdhal anak pertamanya msh < 1 thn.
> Kehamilan ini jg tanpa direncanakan, alias kebobolan krn memang tdk pake KB/
> hanya KB alamiah

 wah pengalamannya sama dengan saya, waktu hamzah usia 7 bulan saya hamil
Azis. Saya memang ndak diijinkan suami untuk ikut menggunakan alat
kontrasepsi kawatir efek jangka panjangnya, jadinya kami cuman pakai KB
alami (kalender atau bablas ;) toh saya menyusuin full time anak sulung
saya..... sampe hamil saya tetap nyusuin baru pada bulan ke 6 kehamilan saya
berhenti nyusuin..... tapi setelah melahirkan Hamzah kadang ikut nenen.

2. Sepupu saya depresi berat, krn hrs hamil lg disaat anaknya msh butuh
> kasih sayang yg byk.....dan anaknya itu saat ini jd gampang rewel &
> cengeng....kayaknya ngerti kl mo punya saingan/adik......jadi sepupu saya
> tambah bingung akan meneruskan kehamilan ini ato tidak?? (saat ini usia
> kandungan 6 minggu)

 saya juga ndak tau loh, pas pertama-tama hamil, taunya setelah 3 bulan,
memang sejak setelah melahirkan sehabis nifas saya ndak pernah menstruasi.
Klo buat saya sih anak rewel biasanya ada yang dikeluhkan bukan hanya karena
mau punya adek / saingan.
 klo saya sih akan saya terusin aja mbak, anak kan amanah, bukan kita yang
tentuin anak itu ada atau tidak didunia ini.

3. Katanya ada mitos kalo anak "kesundulan" ma adiknya emang jd gampang
> rewel/sensitif.....bener ga sih??? jadi butuh perhatian extra utk ngawasi
> anak pertamanya ini...

 wah, ndak juga mbak. Hamzah itu anaknya ngak sensi tuh, anaknya juga
sosialisasinya lumayan, mungkin karena anak kampung ya? temennya banyak,
jalan-jalannya juga kesawah ato kekebon yang banyak orang dan banyak yang
nyapa...... tapi klo soal ngawasin emang mbak, ya karena umurnya yang masih
muda itu jadinya kadang dia maksudnya bergurau sama adiknya eh tangan tuh
asal pukul dan cubit aja, jadi mangis deh si adek.
 katanya juga anak yang kesundulan lebih kecil dari pada adeknya, klo anak
saya ndak itu, badannya kekar dan besar, jadi keluatan banget klo Hamzah itu
Si Kakak.
 nurut saya diperlakukan sama aja ndak perlu lebih dimanjain, biar klo
adiknya sudah lahir ndak makin kaget, karena kan kita ibunya memang akan
lebih sering bersama si adek mulai ngusuin, nyuapi dan menidurkan. Klo soal
menidurkan saya sengaja menidurkan si kakak terlebih dahulu, karena memang
adiknya tidak akan ganggu klo kakak yang ditidurkan terlebih dahulu
dibanndingkan sebaliknya.

4. Pertanyaan sepupu saya gimana ya kiatnya utk mengatasi rewelnya anaknya
> dan juga menjalani kehamilan keduanya dgn nyaman, mengingat kehamilan ini
> tidak direncanakan........

 Dikomunikasikan soal adek, senangnya punya adek, ada teman main ada teman
bersepeda.....
 Biar kehamilannya nyaman dinikmatin aja mbak, suami terus memberikan
suport. Sewaktu hamil kedua dengan jarak yang dekat suami juga ikut sibuk
karena harus lebih memperhatikan anak dan istri yang biasanya lebih sensitif
saat hamil.
 ngomong-ngomong soal merencanakan, biasanya tapi ndak selalu untuk
kehamilan kedua proses kelahirannya lebih mudah. sewaktu melahirkan putra
pertama saya cukup cepat dari pukul 2 mulai kontraksi pukul 4.20 Hamzah
sudah lahir, tapi saat kelahiran putra kedua saya malah sangat cepat sekali
sampai-sampai anak saya lahir di kamar mandi tampa pertolongan siapapun.
Jadi klo bisa sebisa mungkin pada bulan ke 7 dan seterusnya selalu ada yang
menemani.

Demikian titipan pertanyaan dr sepupu saya, utk tanggapannya saya ucapkan