Temans BA, semoga ceritaku bisa jadi bahan pertimbangan.

  Nabila (6 th) dulu lahir di Jepang, dan sampe umur 1.5 th kami msh disana.
Sampe umur satu tahun dia minum susu Morinaga.  Dan stlh 1 th aku masukin "long
day care center/LDC" krn aku dan suami dua2nya kuliah. Waktu itu aku bawain
nabila susu lanjutannya morinaga ke LDC, yg kalo gak salah utk sampe umur 1.5
th.
  Guru2nya nggak ada yg mau, krn standar treatment utk anak >1th adlh minum
susu segar.  Susu segar disana ya..yg dijual di spr market, dg kemasan karton.
Susunya di-UHT atau Pasteurisasi.
  Stlh plg ke Indonesia aku kaget ternyata susu formula lanjutan buanyak bgt,
bahkan ada yg biasa, ada yg gold.  Krn kupikir susu, ya susu...yg penting
nutrisi asli yg ada di susu, jadi aku pilih yg biasa (yg gold bikin bokek
sih...he-he)

  Skrg Izul (2.5 th), dia ke Sydney pas 1 th, n msuk LDC juga. Ternyata utk
susu, standarnya sama juga, pake susu segar.  Ada bbrp susu formula lanjutan,
yg pake gold-gold segala.  Tapi pemakiannya nggak populer.
  Yg jelas anak2 minum susu, kaya minum air putih aja.  Lansung dr kulkas,
tuang di gelas, sruuuttt diminum.  Sarapan dingin, susu 'n sereal.
  menurutku-tanpa mikirin kandungan gizinya-susu segar praktis & murah.

  Tambahan nih, wkt aku hamil Nabila di Jepang, cari susu utk ibu hamil, ibu
menyusui, NGGAK ADA.  Malah aku dikirimin susu segar ke rumah setiap hari sama
PEMDA setempat.  Abis lahiran dikasih baby bonus, anak2 dikasih uang tunjangan
utk susu.  Hik-hik...brp tahun lagi Indonesia bs ngasih susu gratis?
  Di Sydney sama juga, nggak ada susu ibu hamil/menyusui, kecuali di toko2 yg
jual makanan/bhn2 dr Indonesia.

  Mungkin ada temen2, di belahan bumi lain yg bisa sharing cerita, terutama utk
di US & Eropa.  Jangan2 kita cuma jadi korban produsen susu formula...(kalimat
terakhir di-delete aja, takut SARA)

  Salam manis,

  Dwi