Dan satu kita harus yakin bahwa semua-semua sudah diatur dari ATAS.

        ----------
        From:  Yanthi[SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
        Sent:  Tuesday, February 23, 1999 11:41 AM
        To:  [EMAIL PROTECTED]
        Subject:  RE: [balita-anda] Pijat bayi berguna bagi fisik dan psikis

        Dear Ibu Ida, saya pernah baca di majalah Ayah Bunda edisinya saya
lupa
        tetapi kalau tidak salah 1 edisi sebelum yg terbaru ini terbit (jadi
masih
        tergolong baru). Disitu disebutkan beberapa RS yg ada program senam
hamil
        dan terapi musiknya. Terapi musik bisa dengan mendengarkan musik
klasik atau
        si ibu menyanyi lagu anak2 yg riang gembira secara berulang2. Memang
katanya
        jika sejak bayi diperdengarkan musik, terutama musik klasik spt
Bethoven dll
        dapat meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak bayi. Saya sendiri
tidak
        memperdengarkan musik klasik tsb kepada bayi saya ketika masih dalam
        kandungan dan setelah lahir (karena tahu informasi ini juga telat).
        Saya juga tidak secara khusus memperdengarkan musik ketika bayi saya
masih
        dalam kandungan. Mungkin hanya kebetulan saja kalau saya suka
mendengarkan
        musik sambil lalu. Mungkin kebetulan juga kalau ada sedikit darah
seni dari
        ayah ibunya (suka main musik dan nyanyi2 di kamar mandi aja). Kalau
        tujuannya untuk memperkenalkan musik sejak dini, saya sering
menyetel lagu
        anak2 di TV ketika dia baru lahir. Lama-lama ketika dia sudah 1 atau
2
        bulan, saya belikan kaset lagu anak2. Sampai sekarang usianya sudah
1 tahun
        2 bulan, dia senang sekali dgn musik, baik itu lagu anak2 atau musik
apa
        saja, pasti dia tidak tahan untuk tidak menggoyangkan badan dan
tangannya.

        Jadi kalau ibu mau terapi musik, bisa dengan memperdengarkan musik
klasik,
        menggunakan alat2 lain spt Baby Plus, atau secara sederhana dengan
TV dan
        kaset lagu2 anak, jangan ragu2. Kalau sarana ada dan alhamdulillah
ada
        kelebihan rejeki, mempergunakan alat2 khusus juga tidak ada
salahnya. Yg
        namanya usaha apa saja akan kita lakukan untuk bayi kita, iya kan,
Bu?

        Terima kasih.

Apalagi kalau
        > dengar azan, langsung bu azan.