Pak Yusuf,
Pada dasarnya tidak ada batasan yang pasti tentang aktifitas apa yang
boleh dilakukan oleh ibu hamil. Yang jelas, aktifitas itu tidak boleh
terlalu melelahkan. Padahal ibu hamil khan umumnya cepat lelah ? Jadi
diri sendiri yang ngukur. Kalau naik mobil baru satu kali keliling udah
lelah, ya sudah, jangan diterusin. Karena kalau kelelahan, terutama
mengalami banyak guncangan, nanti kandungannya bisa kejang, dan yang
lebih fatal bisa keguguran.
Satu tips yang bisa digunakan, bila naik kendaraan baik itu mobil,
motor, ataupun kendaraan umum, sebaiknya perutnya memakai stagen, supaya
pengaruh guncangannya tidak begitu keras. Trus kalau nyetir sendiri, ya
sebaiknya pelan-pelan.
Naik bis keluar kota ? No problem. Saya dulu hamil 8 bulan naik bis dari
Bandung ke Salatiga (Jateng). Tapi ya itu, pakai stagen.