Memang membingungkan kalau hasil analisa dari 2 dokter ternyata
nggak sama... (meskipun ini wajar khan... mana sih orang bisa sama...)
Tapi begini... Dokter X sudah memeriksa kehamilan sejak si ibu
mengetahui bahwa dia hamil, jadi dokter x ini sudah mengikuti sejak
awal kehamilan... dialah yang tahu usia kehamilan si ibu dibandingkan
dokter A yang baru saja memeriksa. Pemeriksaan dengan USG untuk
mengetahui usia kehamilan kalau nggak salah adalah berdasarkan ukuran
janin... kalau perkembangan janinnya normal tentunya perkiraan
tersebut bisa dipertanggungjawabkan... kalau perkembangan janin
tidak normal (seperti kasus yang ibu ajukan) maka perkiraannya
bisa saja salah... seperti halnya dokter A memperkirakan usia
kehamilan adalah 7 bulan (karena dia tidak mengikuti dari awal
kehamilan) yang berarti mendekati apa yang dikatakan dokter X bahwa
janin yang ada dikandungan sama dengan janin usia 6 bulan.

Kalau bayi lahir sebelum waktunya berarti lahir prematur, biasanya
yang saya tahu kalau usia janin sudah lebih dari 7 bulan masih
bisa berkembang normal asal ditunjang gizi dan perawatan yang baik.
Kalau terlalu lama di dalam kandungan justru bisa berbahaya bagi
si janin yaitu keracunan akibat air ketuban yang sudah tinggal
sedikit/habis.

Mengenai sulit minum vitamin atau susu pada waktu hamil sebetulnya
nggak begitu menjadi masalah asalkan mau makan sayuran dan buah-
buahan... karena didalam sayuran dan buah-buahan juga banyak
mengandung vitamin/gizi yang diperlukan untuk perkembangan janin.

Itu pendapat saya, mungkin ada yang mau menambahkan/mengoreksi.

Handoko P