Mbak vincent, untuk menindik telinga bawa saja ke dokter/rumah sakit atau
bisa juga ke perawat/bidan.  Kalau di tempat saya yang baisa melakukan
perawat/bidan.

Untuk cukur rambut, karena saya muslim biasanya dilakukan setelah di aqiqah.
Ini juga biasa dilakukan oleh neneknya atau siapa saja, yang penting bisa
berhati-hati.  Dan setelah itu ditimbang dan seterusnya, yah sesuai ajaran
yang kami anut.

Tetapi karena balita mbak sepertinya sudah banyak goyang dan pasti gelisah
kalau kena rambut alangkah baiknya mbak lakukan pada saat dia lagi tidur,
bolehnya sambil tidur digendong bapaknya atau boleh juga sewaktu dia mandi.

Mbak cukurnya kalau bisa ikuti alur rambutnya, agar kalau tumbuh selagi
masih pendek tidak berdiri seperti Dong King.  Apalagi cewek kan?