From:   Naindra Pramudita [SMTP:[EMAIL PROTECTED]]
Sent:   Thursday, March 11, 1999 7:53 AM
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        RE: [balita-anda] Re:(balita -anda)  INFO ASI

> Bagaimana cara tahu bahwa bayi kita sudah tercukupi oleh ASI ibunya ,
> sebab
> Isteri saya selalu kurang yakin kalau ASI nya lancar.
[dita]  Saya pernah mengalam perasaan yang sama sewaktu menyusui anak
saya dulu. Tapi ada beberapa indikasi yang bisa dilihat: jika anak
menjadi tenang setelah selesai disusui (biasanya 10 - 15 menit untuk
setiap payudara), jika BAK & BAB-nya lancar, jika kulitnya berkilap dan
matanya cemerlang (tdk sayu) dan jika pertambahan berat badannya sesuai
atau malah lebih dari pertumbuhan rata-rata, artinya ASI yang diberikan
sudah cukup. Kalau sudah disusui, mulutnya masih mencari-cari dan
menunjukkan gerakan menghisap, apalagi kalau kita letakkan jari di sudut
mulutnya si bayi berusaha menghisap jari... nah itu mungkin dia masih
lapar.

Mudah-mudahan bisa membantu istri Bapak.

> Terima kasih untuk semua rekan yang berkenan menaggapinya.
>
> Hendro C
[dita]  Salam, Dita