From: Letty <[EMAIL PROTECTED]>
>Sebenernya kalau untuk bayi itu...kira-kira pada usia berapa ya, bisa
dimandikan dengan menggunakan air dingin.......Putri saya saat ini berusia
8,5 bulan dan masih saya mandikan dengan air hangat.
=============

Anak saya waktu berumur 6 bulan saya ajak berenang. Jadi, mestinya ya nggak
apa-apa mandi pakai air dingin (bukan air es lho :-))

Mengenai pilek akibat mandi, biasanya memang terjadi, terutama kalau lagi
musim pilek dan mandinya kelewat lama. Tapi itu tidak perlu dikhawatirkan.
Kalau sudah biasa mandi pakai air dingin, anak akan menyesuaikan diri.
Namun, biasanya, pada usia 2-3 tahun, anak agak susah disuruh mandi. Ini
bisa karena pengalaman yang kurang menyenangkan ketika mandi, misalnya mata
perih, kedinginan, atau merasa terpaksa ketika lagi asyik bermain disuruh
mandi.

Salam,
nur agustinus