> Taman Manusia Penuh Keindahan
>
> ADA sebuah tempat manusia berkumpul yang sangat suka saya kunjungi.
> Tempat tersebut adalah pusat mainan anak-anak. Alasannya, di tempat
> ini saya bertemu puluhan manusia dewasa yang semuanya datang ke tempat
> itu dengan spirit menyayangi. Ada ibu yang tersenyum bangga melihat
> putrinya berani naik kuda-kudaan seorang diri. Ada bapak yang bertepuk
> tangan gembira menyaksikan putranya yang bisa mengalahkan monster
> buatan yang ada dalam games. Ada kakek yang penuh kesabaran menemani
> [...]

        Kalau yang bapak maksud taman adalah Pusat
        Pertokoan, Mall yang gemerlap dan pusat hiburan
        lain yang hakekatnya adalah pasar, tempat jual beli.
        Terus terang saya kawatir, bahwa tempat tersebut
        justru akan memberi image yang keliru akan makna
        kegembiraan, makna kebahagian sebagai sesuatu yang
        harus dibeli, diperoleh dan ditukar dengan uang.

        Ketakutan ini mungkin berlebihan, tapi juga tidak.
        Apa yang dikenal sebagai "mice mall", remaja yang
        suka bertengger di mall pada waktu santai atau
        (seharusnya) waktu produktifnya, telah menggejala
        dimana-mana. Dan alangkah celakanya kalau
        anak kita kelak (atau siapa saja) berkesimpulan:
        hanyalah mall, toko serba ada dengan nama halus
        yang beragam rupa, identik dengan kesenangan dan
        kebahagian.

        Kalau yang dimaksud taman adalah taman pepohonan,
        taman sebagai ruang bermain dan bersitirahat, saya
        sependapat.

        Saya sendiri berharap, taman itu adalah hati saya sebagai
        orang tuanya. Tempat ia bermain, berlari, menemukan
        kegembiraan dan kebahagiaan dikeseharian kita.
        Sayang, tentang hal inipun saya tidak bisa memaksa dia
        untuk senantiasa        memasukinya. Hanya bisa senantiasa
        berharap dan menyediakan waktu uintuknya.

        Salam

        handita