Bpk Hendro & netters:

Menurut DSA saya gurita itu tidak berguna.  Ia sangat marah ketika
periksa 1 minggu anak saya dipakaikan gurita.  Gurita itu menyebabkan
anak jadi "sesak" napas (bisa bayangkan kalau dada dan perut kita
dililit seperti gurita apalagi kalau diikatnya kencang2).  Semua perut
anak bayi memang gendut dan itu akan menghilang dengan sendirinya kalau
sudah besar.

Orang tua   bilang kalau tidak pakai gurita akan gampang masuk angin dan
pusarnya bisa bodong (menonjol keluar), atau nanti kalau sudah besar
perutnya gendut dll .  Anak saya yang kedua saya pakaikan  gurita hanya
sampai pusarnya copot (10 hari saja). Setelah itu tidak lagi. Toh
setelah besar dia tidak berbeda dengan kakaknya yang memakai gurita
sampai 40 hari.

Tanpa gurita anak bisa bernafas lega, bergerak leluasa dan saya juga
senang karena cucian tidak terlalu banyak dan tidak terlalu repot
mengganti kalau anak BAK.

Gurita itu benar berguna bagi sang Ibu.  Karena ketika baru lahir
perut/rahim  kita amat lemah sehingga membutuhkan penyangga (gurita).
Sehabis melahirkan saya tidak dapat berjalan kalau tidak memakai gurita
karena perut rasanya sakit sekali.  Lagipula gurita/korset membantu
mengembalikan perut yang melar selama mengandung.

Indri