Rekans sekalian,
Saya ingin menambahkan beberapa hal yang saya tahu untuk tukar pengalaman
1. Perut bayi yang baru lahir memang besar (perut katak) tetapi akan mengecil sesuai
dengan besar tubuhnya saat usianya bertambah sehingga gurita tidak terlalu berpengaruh
untuk besar perut bayi.
2. Saat baru lahir lemak di tubuh bayi sangat sedikit terutama 1-2 minggu pertama
beratnya berkurang kira-kira 10 % dari berat lahir sehingga perlu dihangatkan dengan
baju, sarung kaki/tangan, bedong dan selimut. Malah si kecil saya karena lahirnya
cukup imut (hanya 2,7 kg) saya pasang lampu (25 watt) di bawah babybox nya agar dia
bisa tidur tenang (apalagi Bandung kan dingin).
3. Saat baru lahir sampai 3 bulan gerak refleks bayi masih sangat dominan. Kalau kita
perhatikan bayi sering kaget dan menggerakkan kaki dan tangannya saat tidur. Hal ini
menyebabkan tidurnya terganggu karena bayi akan terbangun. Untuk itu bedong bisa
mengurangi gerakan refleks tersebut sehingga bayi bisa tidur nyenyak.
4. Kaki bayi yang X, O atau normal sebenarnya sudah 'dari sananya' . Namun biasanya
sampai usia 2-3 tahun bentuk kakinya masih berbentuk O setelah itu akan mengikuti
bentuknya masing-masing.
5. Saya pernah membaca artikel dari persatuan dokter anak amerika bahwa faktor kuat
penyebab kaki anak mengangkang adalah pemakaian baby walker yang berlebihan sehingga
tidak dianjurkan untuk dipakai.
Mohon maaf jika rekans kurang setuju, pendapat lain mungkin dapat lebih memperkaya
pengetahuan kita.

Riefna Azwita Fahmi
Test System Unit/QRS
mailto:[EMAIL PROTECTED]