Sabtu kemarin, 23 Jan. 1999, di SCTV ada acara untuk balita yg dipandu oleh
Soraya Haque yg kebetulan topiknya tentang bagaimana mengatasi anak yg
menderita kelainan autisme,  kelainan komunikasi pada anak yg disebabkan
karena anak mempunyai teman kayal.
(Maaf kalau saya salah, tolong diralat)
Di acara itu dihadirkan juga seorang dokter yg pakar di bidang autisme dari
RS. MMC, Jakarta.

Dikatakan bahwa anak yg mempunyai teman imajiner itu umumnya mempunyai
tingkat kecerdasan di atas rata-rata.  Betul bahwa kebiasaan bermain dengan
teman imajiner akan hilang seiring dgn usia dan kebutuhan akan teman real.
Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa orang tua jadi sulit berkomunikasi dgn
anak yg mempunyai teman imajiner, atau kalau kebiasaan berbicara dengan
teman imajiner ini tidak  hilang, anak akan sulit bersosialisasi dan
berkomunikasi dgn lingkungannya.
Hal ini dapat diatasi dengan mengajak anak sesegera mungkin berkonsultasi
dengan ahli di bidang autisme yg saat ini pusatnya ada di RS MMC.

Kurang lebih begitu yg saya tangkap.  Sayang sekali saya tidak mengikuti
acara tsb sepenuhnya.  Kalau ada rekan-rekan yg kebetulan melihat acara
tsb, tolong sharingnya karena kebetulan milis kita ini sedang membahas
topik di atas.

Salam,
Renny