Saya sebenarnya tidak melihat langsung acara yang disebutkan oleh
bapak/ibu, tapi setahu saya Autisme tidak ada hubungannya dengan adanya
teman imajiner untuk anak. Mungkin ada baiknya saya jelaskan apakah
Autisme itu.
Autisme adalah istilah yang digunakan untuk mendefinisikan sebuah pola
kelakuan dimana seorang anak menderita kelainan yang amat sangat yang
tidak memungkinkan dia untuk berhubungan dengan orang lain bahkan orang
tuanya sendiri. Seorang anak Autistik seperti hidup di dunianya sendiri.
Walau tidak tuli, tetapi seorang anak Autistik tidak dapat meresponi
hal-hal yang diucapkan kepadanya, bayi-bayi yang autistik adalah
bayi-bayi yang tidak meminta perhatian, mungkin jarang
tersenyum/tertawa, tidak ada keinginan untuk digendong dll.
Kelainan ini bukan disebabkan oleh kesalahan orang tua maupun
lingkungan, bukan faktor turunan juga. Autisme biasanya baru dapat
terlihat jelas pada usia dimana anak tsb seharusnya sudah bisa bicara.
Anak-anak yang autistik biasanya senang menyendiri, dapat bermain
sendirian berjam-jam lamanya. Seringkali anak-anak autistik mempunyai
kebiasaan tertentu yang akan dijalaninya secara rutin misalnya menyentuh
mainan dengan urutan tertentu, yang tidak pernah berubah.
Jika kita berusaha merubah kebiasaannya tsb, anak autistik akan
melakukan tindakan destruktif untuk melampiaskan amarahnya, atau disebut
"temper tantrums" yang ekstrim. Mungkin dengan menjambak rambut,
memukul, menendang tetapi dengan skala melebihi "normal", di dalam
keadaan marah seperti ini, tindakan seorang anak autistik dapat terlihat
seperti orang yang sedang sakit jiwa, tetapi sebenarnya bukan.
Tanda-tanda autisme : senang menyendiri, tidak mendengar, tidak ada eye
contact saat diajak bicara, ketidakmampuan berkomunikasi, mempunyai pola
kelakuan tertentu yang dilakukan berulang kali, tidak merasakan sakit.
Saya waktu itu pernah baca di koran bahwa ada sekolah khusus untuk anak
yang Autistik, cuma lupa di koran apa, kalau tidak salah, salah satu
pengelolanya adalah James Riady, mungkin ada rekan2 yang ingat?
Semoga penjelasannya saya ini bermanfaat.

>From: "Sekretaris man_dir" <"sek_mandir"@enseval.com>
>To: [EMAIL PROTECTED]
>Date: Mon, 25 Jan 1999 16:25:41 +0700
>Subject: [balita-anda] Teman kayalan
>
>Sabtu kemarin, 23 Jan. 1999, di SCTV ada acara untuk balita yg dipandu
oleh
>Soraya Haque yg kebetulan topiknya tentang bagaimana mengatasi anak yg
>menderita kelainan autisme,  kelainan komunikasi pada anak yg
disebabkan
>karena anak mempunyai teman kayal.
>(Maaf kalau saya salah, tolong diralat)
> [...]
Internet