Rekan-rekan netters,

Saya juga memiliki penyakit asma turunan, dan dulu biasanya kambuh jika
saya minum minuman dengan soda atau jika saya batuk agak parah.  Asma saya
mulai kumat pada saat usia saya sekitar 3 thn (saat itu baru ortu saya tahu
bahwa saya menderita asma dan sibuk mencari saya mewarisi asma dari siapa
!), saya sering keluar masuk rumah sakit saat itu, dan pada saat saya duduk
di kelas 2 SD, dokter saya menganjurkan saya untuk renang.  Saya mulai
belajar renang, dan secara teratur dua kali seminggu latihan renang, dan
alhamdulillah, karena renang adalah juga latihan pernafasan, asma saya
hilang teratur dan tidak pernah kumat lagi sampai sekarang (sekarang usia
saya 26 thn).  Jika saya batuk parah, paling yang terjadi hanya sesak, tapi
asma-nya tidak pernah datang lagi.
Mungkin cara yang terbaik adalah mengkonsultasikan cara menyembuhkan asma
yang diderita anak tetangga anda pada dokter, karena mungkin metoda renang
yang berhasil buat saya tidak berlaku untuk anak tersebut.  Tapi yang
jelas, untuk menyembuhkan asma, selalu diperlukan latihan pernafasan dan
olahraga teratur.

Semoga bermanfaat !

Wassalam,
Nayu

[EMAIL PROTECTED] on 02/01/99 11:24:48 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]