Pak Nuryono,
Saya rasa tanda biru di kening bukan merupakan tolok ukur bahwa anak bapak
ada kemungkinan kena step.  Tetangga saya 2 bulan yang lalu kena step tapi
nggak ada tuh tanda seperti yang dimaksud.  Kalo nasehat dari dokter waktu
saya tanyakan masalah ini, utk penanggulangan pertama di rumah harus
tersedia termometer (mengukur suhu badan), tempra (penurun panas), alkohol
(sebagai kompres) sehingga kita bisa memberikan bantuan sebelum dibawa
kedokter.  Sayang lho kalo anaknya sudah pernah mendapat step karena bilang
dokter kemungkinan utk step lagi masih ada.  Hal ini bisa juga disebabkan
anak yg kena pilek sampai berminggu-minggu dan tidak ditangani secara cepat.
Karena virus yang ada ngendon didalam tubuhnya.  Jadi kalo panasnya udah
tinggi cepet-cepet aja dibawa ke dokter supaya tidak terjadi hal   yang
tidak diinginkan.  Cuman itu aja saran dari saya.