From:   MIME :[EMAIL PROTECTED]
Sent:   04 Februari 1999 9:29
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        RE: [balita-anda] Nebulizer

Keponakan saya termasuk anak yang lendirnya banyak sekali kalau sedang
batuk/pilek. Begitu banyaknya sampai kalau napas bunyi "grok..grok".
Setahu saya dia tidak belum pernah dinebulizer. Hanya setiap kali
lendirnya banyak diberi obat pencair lendir oleh dokternya. Mungkin anda
bisa tanya dokter mengenai obat ini. Nama obatnya Cosyr, untuk pencegah
timbulnya lendir biasanya diberi Zaditen. Menurut dokter anak keponakan
saya itu (yang juga doketr anak saya) nebulizer itu jalan terakhir deh..
soalnya pada dasarnya itu hanya beda cara masukkin obatnya .. Karena
dihirup efeknya langsung terasa.
Suami saya yang pernah dinebulizer, tapi waktu itu dokternya pun
mengatakan bahwa ini kalau mau. Sebab ada cara untuk mengeluarkan lendir
yang dokter tersebut ajarkan, yaitu telungkupkan anak pada pangkuan
kita, lalu dengan tangan yang ditelungkupkan kita ketuk-ketuk
punggungnya, kira-kira di tengah(antara leher dan pinggang). Posisi
tangan kita bukan posisi datar (seperti menampar) tapi seperti mangkuk
(bisa anda bayangkan... saya rada susah menggambarkannya. Saya pernah
juga melihat teknik ini dipakai oleh tante saya untuk anaknya yang tidak
bisa mengeluarkan lendir.

Mudah-mudahan bisa membantu

Dita