Rupanya ibu Eva kebalikan dengan istri saya... pada waktu hamil
penambahan berat badannya tidak seberapa (< 10kg). Tapi saya
kaget waktu anak saya lahir beratnya 4,4 kg dengan panjang 52 cm...
Kalau dari pengamatan saya ke beberapa teman saya yang hamil... saya
perhatikan ada 3 klasifikasi untuk ibu yang hamil.
1. Ibunya tambah gemuk sekali tapi bayinya kecil. Ini contohnya
   seperti yang dialami oleh ibu Eva. Jadi sepertinya konsumsi
   makanannya lebih banyak diserap oleh si ibu.
2. Ibunya tidak seberapa tambah gemuk tapi bayinya besar sekali.
   Ini seperti yang dialami oleh istri saya. Jadi mungkin apa
   yang dimakan oleh si ibu dihabiskan oleh si bayi... sehingga
   ibunya nggak kebagian... :-)
3. Penambahan berat ibu dan besarnya bayi seimbang/sesuai.
Dari ketiga kategori diatas semuanya mengaku makan dengan kalori
dan gizi yang cukup untuk ibu hamil. Saya juga belum tahu pasti
apa yang menyebabkan, ada yang mengatakan ke saya kemungkinan
disebabkan oleh banyaknya air ketuban yang berbeda-beda setiap
orang... ada yang sedikit... ada yang banyak... Tapi kalau menurut
saya juga ada faktor dari si bayinya sendiri... maksud saya ada
bayi yang konsumsi makannya banyak... ada juga yang sedikit...

Itu saja tanggapan saya.

hand.-