Selamat sore semuanya,

Saya ingin berbagi cerita mengenai hal ini.
Semenjak istri saya mengandung anak ke-2, kami selalu menekankan kepada
anak kami yang pertama, cowok, (umur 3 tahun saat itu) untuk menyayangi
adiknya nanti, dengan menunjukkan buku-buku tentang ibu yang sedang hamil.
Anak kami yang pertama ini memang suka sekali bertanya dan banyak "mau tau"
nya.

Sekedar informasi juga anak kami yang pertama ini dulu juga kuning, lahir
pada usia kandungan 8 bulan 1 minggu dengan berat cuma 2,7 kg.
Sebelum usia sebulan, tiap pagi (kurang lebih 15 menit) dijemur di panas
matahari dan Puji Tuhan, sekarang normal-normal saja dan cukup bandel
seperti anak yang lain seusianya, jadi tidak perlu terlalu khawatir untuk
yang punya "anak kuning".

Setelah adiknya lahir, (cowok juga, sekarang berusia 9 bulan, sedang
belajar melangkah), kami membiasakan sang kakak untuk ikut memperhatikan
dan meladeni sang adik, semisal waktu memandikan, minta bantuan kakaknya
untuk mengambilkan sabun, bedak atau handuk. Lantas kalau adiknya ngompol,
minta bantuan kakaknya untuk mengambilkan popok, dsb. Lantas kalau adiknya
sedang tidur, sesekali minta kakaknya menengok si adik untuk memastikan
bahwa si adik masih tidur dan tidak diganggu nyamuk. Dengan demikian,
sepertinya sang kakak merasa diperlukan dan memiliki kebanggaan karena
"bisa membantu ibu", dan terbiasa menunjukkan kasih sayang kepada adiknya.
Disisi lain, kami juga tetap memperhatikan sang kakak dengan cara misalnya
bergantian memandikannya (ibu dapat giliran pagi, ayah dapat giliran sore)
dan tidak menyerahkan urusan si kakak kepada pembantu. Juga
mengantar-jemput ke sekolah (play group) pada hari Sabtu (libur kerja).
Tidurpun masih satu ranjang rame-rame, dan biasanya si ibu membacakan
cerita buat sang kakak sebelum tidur.

Hasilnya, sejauh ini sang kakak menyayangi adiknya, meski tentu saja yang
namanya iri, cemburu atau yang lain juga terkadang muncul, namanya juga
manusia - masih anak-anak lagi ! Tapi yang jadi persoalan sekarang, sang
kakak sepertinya jadi "over protektif" terhadap adiknya, kalau ada orang
lain (tetangga semisal) menimang si adik, sang kakak langsung marah dan
mengatakan kalau adiknya itu "miliknya" dan tidak boleh disentuh apalagi
diganggu gugat oleh orang lain, bahkan pembantu kami pun tidak diijinkan
menggendongnya terkadang.
Nah untuk yang ini saya masih belum dapat jalan keluar, ada yang punya
pengalaman yang sama dan sudah punya jalan keluar barangkali ?

Terima kasih,
Markus Dihanto.

Diah Retnoningrum <[EMAIL PROTECTED]> on 04/21/99 03:00:37 PM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]