Mbak Maya,

Hal yang sama pernah juga saya alami pada anak saya, malah seusia itu (10 bln)
anak saya belum juga tumbuh giginya. Saya sempat khawatir, tetapi setelah
usianya menginjak satu tahun kekhawatiran saya hilang. Sebab anak saya
sudah mulai belajar berjalan, tumbuh gigi dan mulai belajar bicara.
Sekarang usianya 15 bulan, sudah lancar jalannya, giginya sudah 6 buah dan
sudah bisa sebut : ayah, mbah, mbak, ayam, maem, mbek, bebek, cecak.... dll
tetapi belum bisa sebut "ibu"

salam...
Ibunya Aulia
At 08:46 AM 4/23/99 +0800, you wrote:
>Assalamu'alaikum,
>
>Anak pertama saya berusia 10 bulan. Tapi sampai saat ini belum mau
mengucapkan kata-kata/huruf vokal. Yang sering dilakukannya hanya
mengerang/berteriak, tapi responnya terhadap panggilan cukup baik. Sudah
saya konsulkan ke dokter anak, jawabannya : nggak papa.Padahal anak2 seusia
dia yang lain udah ada yang bisa bilang : mama/papa. Untuk perkembangan
lainnya : saat ini baru mulai belajar berjalan & gigi juga sudah tumbuh.
Yang saya khawatirkan apakah perkembangan kemampuan wicaranya normal?
Mungkin ada yang pernah mengalami problema seperti saya, mohon
informasinya. Mengingat di Ujungpandang, saya belum menemukan klinik untuk
memeriksakan perkembangan bayi.