Anak saya, laki-laki, mau empat tahun. Sukanya kalau tidur malam sekitar jam
12 malam, bahkan kadang lebih. Matanya masih besar dan tidak tampak ngantuk.
Kalau saya tanya, "kenapa, nggak bisa tidur, ya?" Dia manggut-manggut. Jadi,
walau orangtuanya sudah tidur, seringkali dia tetap terjaga sambil melihat
TV atau Video CD cartoon. Saya sudah membuat dia bangun pagi, dan meski dia
juga tidak tidur siang, dia tetap saja tidurnya malam. Yang lebih susah,
kalau dia tidurnya agak sore, kemudian bangun jam 8 atau 9 malam. Ada yang
bilang, ini termasuk anak malam :-), atau, apakah dia mengalami insomnia
(sulit tidur)? Apa ada yang punya solusi agar dia bisa tidur lebih awal,
misal jam 9 atau 10 malam, sebab dalam waktu dekat ini dia akan mulai
sekolah (play group).

Salam,
nur agustinus