Pak Rully,
Sebenarnya bayi Bapak tidak perlu dikasi pisang, pada usia 4 bulan pertama
bayi cukup diberi ASI saja, karena pada usia tersebut ASI sanggup memenuhi
segala kebutuhan gizi bayi.  Jumlah dan frekwensi pemberian ASI tidak
terbatas sesuai dengan kebutuhan bayi.  Mungkin istri Bapak beranggapan
bayinya lapar dan ASInya tidak cukup, sebenarnya semakin sering ASI
diberikan semakin banyak ASI diproduksi oleh tubuh (dengan catatan ibunya
cukup makanan bergizi), jadi jangan cepet-cepet lari ke makan tambahan atau
ke susu formula, kecuali kalau  ASInya memang betul-betul kurang, tapi bukan
diberi makanan meski lembut sekalipun.  DSA anak saya bilang hal ini perlu
diperhatikan karena berguna untuk pertumbuhan otak sibayi.

Untuk kembung biasanya saya menempelkan daun jarak yang sudah dilayukan dan
diberi minyak kelapa atau bisa diberikan minyak telon yang ditambah bawang
putih dan bawang merah (resep yang terakhir ini lebih mujarab).

OK Pak Rully, pisangnya jangan dikasi lagi ya..........entar aja dikasi,
kalau bayinya udah 3-4 bulan.