Seingat saya, campak/cacar ada dua macam.  Yang kering dan basah (agak lama
hilang bekasnya dan ini yang biasa mengakibatkan "bopeng").  Untuk
menghindari bekas campak, campak jangan sekali-sekali dicoba untuk
dipecahkan.  Biarkan dia pecah sendiri.  Dan usahakan untuk tidak kena air
dan jangan kena angin.  Pakaikan pakaian tertutup, alhamdulillah kalau bisa
dapat yang baju seperti robot (tertutup dari ujung kaki hingga rambut, muka
saja yang terlihat).  Minum kesumba teratai dicampur air kelapa secukupnya
hingga berubah menjadi warna merah.  Minum sebanyak-banyaknya.  Jika campak
sudah pecah dan mulai kelihatan agak kering, gosokkan si anak dengan daun
paria dan jika hasil gosokkan daun paria sudah kering, mandikan dengan air
hangat.  Lebih sering digosok daun paria lebih bagus, hingga campak
betul-betul bersih.

Dan yang perlu dijaga usahakan juga si anak untuk tidak menggaruk selama
sakit campak, karena mendekati sembuh biasanya campak ini gatal.  Ini bisa
digosok dengan bedak semacam bedak talk (maaf kalau ada setuju dan tidak
tentang pemakaian bedak).

*****  Sewaktu anak saya sakit campak, saya tidak bawa ke dokter dan yang
saya lakukan seperti di atas.  Jika panasnya timbul saya berikan tempra
untuk yang 2 tahun dan paracetamol sirop untuk yang diatas balita.  Ini saya
berikan jika panasnya timbul saja.  Alhamdulillah, anak sembuh total.

Anak-anak yang lain tidak perlu dijauhkan.  Karena anak saya tiga, tidur
bersamaan.  Tetapi yang tertular hanya satu, satunya belum kena hingga
sekarang.  Kalau saya pribadi lebih baik kena sekarang sebelum mereka
bersekolah betul (masih TK) agar kalau sudah SD tidak terganggu sekolahnya.
Karena sakit campak memerlukan waktu kira-kira 2 minggu baru sembuh total.

Demikian sekedar berbagi cerita dari pengalaman pribadi saya.  Mohon beribu
maaf seandainya tidak berkenan.  Karena saya pribadi masih memakai cara-cara
ibu-ibu tua sejak sebelum krismon melanda kita.

        Wassalam,