Dulu anak saya juga susah minum susu, ketika tiba-tiba ASI-nya harus dihentikan
sewaktu dia berusia 4 bulan. Saya mencoba saran dari rekan-rekan di milis ini.
Yaitu coba cari susu merk lain. Caranya jelas coba-coba dengan membeli susu yang
ukuran ekonomis. Sehingga tidak terlalu sayang kalau ternyata tidak cocok. Ibu
bisa coba Bebelac, karena rasanya paling enak. Kalau SGM, juga enak, tapi
menurut saya terlalu manis.
Selain itu, yang perlu dilakukan adalah mencari cara dan waktu yang disukai anak
kita untuk minum susu. Kasus anak saya, dia hanya mau minum susu pada waktu dia
terlelap. Kalau belum tidur, dia selalu tidak mau. Namun kalau sudah tidur 10-15
menit dia baru mau minum susu. Kalau tidak tidur, cara yang ditempuh adalah
dengan disuapi. Namun ini perlu perjuangan. Harus telaten.
Sekarang anak saya berusia 10 bulan, dia minum susunya sudah gampang. Dalam
keadaan tidak tidur pun dia mau minum susu.