Salam kenal,

Saat ini saya sedang mengandung anak pertama dan kandungan saya sekarang
sudah memasuki minggu ke 31. Sekitar seminggu ini saya merasa persendian
jari-jari tangan saya agak kaku dan rada ngilu jika digerakkan, utamanya di
subuh hari setelah bangun tidur.
Dan dua hari terakhir, sepertinya persendian lutut juga mengalami hal yang
sama. Mungkin ada rekan-rekan yang pernah mengalami hal seperti ini, saya
minta masukan kira-kira apa penyebabnya.  Apakah karena jumlah kalsium yang
saya konsumsi selama ini tidak mencukupi, karena temperatur udara yang cukup
rendah di kamar tidur, karena pembengkakan yang saya alami atau karena
penambahan bobot yang cukup besar diusia kandungan saya ini (lebih dari 10
kg). Jadwal pemeriksaan ke dokter rencananya akhir minggu ini. Sebelum waktu
tsb, saya ingin mendapatkan masukan dari rekan-rekan yang mungkin pernah
mengalami hal yang sama sewaktu hamil.
Terima kasih atas informasinya.