Dear netters,

        PENGARUH PENERANGAN KAMAR PADA BAYI TIDUR
        Saya mendengar berita iptek di salah satu TV swasta ( tgl 15 Juni
1999,
        kira2 jam 07.00 pagi ) mengenai pengaruh penerangan kamar saat bayi
tidur.
        Suatu penelitian di Amerika membuktikan bahwa bayi yang tidur dalam
        keadaan kamar terang benderang akan mempunyai kemungkinan menderita
        rabun mata dan berkacamata 5 ( lima ) kali lebih besar dibandingkan
bayi
        yang ditidurkan dalam keadaan lampu kamar dimatikan / gelap - selain
        tentu saja dipengaruhi faktor keturunan.

        Alasannya : pada saat tidur dalam keadaan terang cahaya dari luar
akan
        terbiasa jatuh pada kulit kelopak mata, bukan pada retina.

        Sehingga dianjurkan untuk mematikan lampu ( atau menggunakan lampu
        kecil ? ) pada saat menidurkan bayi terutama untuk yang berusia
dibawah
        4 bulan.

        Mungkin ada yang punya referensi tambahan mengenai masalah ini ?
        Karena saya terbiasa menidurkan bayi dalam keadaan terang benderang
        untuk memudahkan pengawasan dan tidak mengagetkan bayi kalau kita
        tiba2 harus menyalakan lampu untuk mengganti popok misalnya.