Ibu Ratna,
Saya punya pengalaman dalam menyapih putri saya. Dia saya sapih pada usia 30
bulan (2,5 tahun). Alasan saya memberikan sampai seusia itu adalah karena
ASI saya masih banyak dan kental. Agak sulit menyapihnya, karena dia jadi
tergantung dan minum susunya sedikit.

1. Menurut DSA anak saya, selama ASI-nya masih baik, boleh saja diberikan.
Tapi kalau sudah encer dan jumlahnya sedikit, lebih baik diberikan susu
formula dan diperbanyak jumlah makannya.
2. Pada kenyataannya, memang setelah disapih nafsu makan anak saya jadi
besar dan minum susunya jadi banyak. Mungkin ini kompensasi dia karena tidak
bisa menyusu dia jadi suka ngemil/makan.
3. Cara menyapih: (Beri pengertian terlebih dahulu kepada anak bahwa dia
sudah tidak boleh menyusu dari ibu lagi karena sudah besar dan malu jika
diketahui orang lain). Setiap hari selama hampir dua minggu puting saya saya
olesi getah batang BROTOWALI (batangnya panjang dan merambat di pohon.
Rasanya pahit sekali. Dijual juga di pasar-pasar tradisional atau tanyakan
saja tukang jamu gendongan). Atau bisa juga olesi puting Ibu dan sekitarnya
dengan obat sariawan yang warnanya biru/ungu (saya lupa namanya) dan
tambahkan minyak kayu putih.  Jadi pada saat dia menyusu, rasanya jadi
pahit/tidak enak atau panas. Lama-lama dia juga terbiasa tidak meminta
menyusu.  Sebagai gantinya, katakan saja air susunya sudah dipindahkan ke
gelas, jadi minumnya dari gelas saja. Atau perbanyak dia minum air putih
atau makanan kecil yang banyak mengandung susu.

Perlu diingat bahwa untuk beberapa saat mungkin buah dada ibu akan terasa
bengkak dan sakit. Tapi itu biasa. Air susu ibu jangan dikeluarkan. Biarkan
saja. Karena jika dibuang/dikeluarkan akan merangsang kembali produksi air
susu ibu.

Demikian dan semoga berguna.