Yth Bapak Rifa'i,

Apakah bayi Anda minum ASI?
Apabila masih menyusui, sebaiknya sang Ibu banyak mengkonsumsi sayur dan
buah-buahan, di samping daging dan ikan. Saya bahkan tidak menyarankan Ibu
untuk banyak makan pedas-pedas, karena akan berakibat buruk bagi pencernaan
sang bayi. Sepengetahuan saya, pencernaan bayi masih sangat sensitif, jadi
akan terasa panas di perutnya. Dan bisa-bisa nanti malah jadi mencret dan
terus buang air.  Ini yang justru akan berbahaya, karena bayi bisa mengalami
dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.
Selain ASI, saya anjurkan untuk diberikan air putih hangat sedikit-sedikit,
agar lancar pencernaannya dan dapat membantu mengatasi kesulitan buang
airnya.
Ini semua adalah berdasarkan pengalaman saya sebelumnya. Semoga membantu.
Tetapi alangkah baiknya, apabila belum juga dapat membantu, harap segera
hubungi dokter anak Anda.
Terima kasih, salam untuk bayi Anda.

Regards,
Diah Riyawanti