yang penting setelah selesai menyusui usahakan untuk menepuk-nepuk
punggungnya dengan digendong berdiri  ,kepala sandarkan ke bahu kiri,
tangan kiri kita megang bayi sambil di jepit dengan siku dan tangan kanan
menepuk-nepuk punggungnya sambil jaga-jaga kalau kepalanya ke belakang.
Posisi ini dalam bhs.jawanya di pondong. usahakan sampai sendawa.
Satu lagi pak setelah minum asi ini sebaiknya jangan di gendong
diayun-ayun dalam posisi terlentang(menurut pengalaman saya ya itu tadi di
gendong berdiri atau di tidurkan saja) yang ini barangkali yang
menyebabkan anak bapak sering gumoh

  wasalam,
    bAz