Sebaiknya dikonsultasikan dengan dan spesialis jantung dan spesialis anak.
Mereka dapat memberikan pertimbangan waktu yang terbaik untuk operasi,
bahkan mengenai apakah perlu dioperasi atau tidak.

Mengenai kelainan jantung bawaan seperti anak Bapak, saya memiliki famili
yang memiliki kelainan jantung bawaan (ada kebocoran pada bilik serta katup
yang tidak rapat.

Pada saat usia SD, sering sekali sakit-sakitan, bahkan pernah sampai dua
bulan tidak masuk sekolah.
Kondisi fisiknya juga agak lemah.

Pada usia SMP, bahkan dadanya sering terasa nyeri jika kondisi fisiknya
menurun (kelelahan), sehingga tidak pernah mengikuti pelajaran olahraga
secara penuh.

Pada saat SMA fisiknya mulai menguat, bahkan pada saat kelas 3 SMA, katup
jantungnya menutup sendiri menjadi rapat dan kebocoran pada bilik
menghilang.

Saat ini dia sudah menikah dan sesaat lagi akan melahirkan anak pertamanya.

Jadi sebaiknya Bapak melakukan pemeriksaan intensif dengan ahli jantung dan
dokter anak.
Kebetulan saya mempunyai alamat dokter spesialis jantung yang cukup baik dan
tidak terlalu mahal (bukan promosi lho):
        M. Ermadji Prajitno
        RS Pusat Pertamina
        Jl. Kyai Maja, Jaksel
        Ph. 7219363

Silakan dihubungi (kalau sore hari biasanya dia agak senggang dan dapat
melakukan pemeriksaan dengan lebih santai sehingga Bapak bisa ngobrol lebih
banyak)