Saya pernah baca dalam buku yang membela vegetarianisme kalo nggak salah judulnya
Makanan Sehat, makanan yang serba setengah matang atau mentah memang kurang baik, baik
bagi orang dewasa maupun anak-anak. Terlepas dari benar tidaknya hal itu, yang jelas
buku itu sudah punya misi sendiri: mempromosikan vegetarianisme.

Tapi saya rasa, jika kita bisa mengontrol keadaan tempat bertelur ayam supaya tetap
bersih dan sehat, telur setengah matang besar juga manfaatnya. Mungkin bisa
meningkatkan kecerdasan anak. saya punya dua teman yang pas balitanya kerap diberi
telur setengah matang ternyata memiliki prestasi akademis yang menonjol sedari SD
sampai Universitas, salah satunya bahkan lulus Cum Laude dari UGM, lulusan terbaik
seangkatan dia. Di samping itu saya melihat hidup mereka normal-normal saja, tidak
sakit-sakitan. Bahkan mungkin adanya bakteri atau kuman yang mungkin juga sudah
"setengah mati" itu dapat melatih tubuh bayi membentuk antibodi untuk membunuh
kuman-kuman itu sepenuhnya. sehingga tubuhnya malah menjadi kebal terhadap kuman-kuman
itu yang masih segar, mirip vaksinasi. Begitu.

Tanya ke beberapa dokter adalah penyelesaian yang baik.

Sebaiknya untuk anak bayi/kecil diberikan telur matang saja, karena
dikhawatirkan masih ada bakteri/kuman yang hidup dalam telur setengah matang
yang tidak baik buat kesehatannya.