Pak Johny, saya mau jawab pertanyaan yang pertama, ASI masuk ke mata bayi
nggak apa-apa, malah pada pembahasan terdahulu, ada yang menyarankan jika
bayi sakit mata diobatin pakai ASI, sebelumnya saya memang kurang percaya,
tapi ketika mata anak saya belekan (kena bedak) saya coba juga resep ini,
karena saya pikir ASI nggak ada efek sampingnya, kalau dikasi obat tetes
mata takut kenapa-kenapa.  Alhamdulillah matanya langsung sembuh.
Kalau masuk ketelinga bayi saya kurang tau Pak, logikanya sich benda asing
apapun nggak boleh masuk ke telinga, malah saya pernah baca telingan bayi
jangan dibersihkan, karena dikhawatirkan akan terjadi infeksi.  Kotoran
dalam telingan walaupun nggak dibersihkan akan keluar sendiri koq.  Kecuali
bagian luarnya ya dibersihkan.  Mungkin rekan netter yang lain dapat
menambahkan.