Ibu bekerja Ysh,
Kalau saya punya sedikit trik yg berbeda (lumayan utk mengirit pengeluaran beli thermo
bag). Saya dulu selalu memompa ASI di kantor dua kali sehari yaitu setelah makan siang
(sekitar jam 13.00) dan ketika akan pulang kantor (sore sekitar jam 17.00). Hasil
pompa yg siang saya beri label (tgl dan jam) kemudian saya simpan di kulkas (kebetulan
di kantor ada kulkas yg bisa dimanfaatkan). Hasil pompa yg sudah masuk kulkas ini
begitu akan pulang saya pindahkan ke termos kecil, dulu saya beli yg mereknya Farlin
(sekitar Rp 15.000) dengan maksud agar suhunya tidak berubah dengan drastis. Sedangkan
hasil pompa yg sore, langsung dengan botol tsb saya simpan dan saya bawa pulang.
Begitu sampai di rumah (perjalanan pulang ke rumah sekitar 30-45 menit) kedua hasil
pompa tsb segera saya masukkan ke dalam kulkas . Seandainya si kecil belum minta ASI ,
saya pun memompa ASI lagi dengan catatan botol dan peralatan pompa disteril dulu dan
saya selesai mandi (bersih), jadi satu hari saya punya sekitar 2-3 hasil ASI pompa
(sekitar 180-200 cc per botol) dan semuanya saya simpan di kulkas utk kebutuhan esok
hari. Seandainya sesampai di rumah si kecil sudah haus, saya tdk jadi memompa namun
malam hari seandainya ASI saya sudah penuh dan si kecil tidur, saya berusaha memompa
ASI tsb utk disimpan di kulkas.

Seandainya ibu akan melakukan perjalanan dinas (sekitar 2-3 hari), utk dapat tetap
memberikan ASI, maka Ibu harus lebih sering dan rajin lagi memompa dan menyimpan ASI
sebelum pergi. Biasanya saya menyimpan ASI utk keperluan yg lebih lama di dalam feezer
sehingga lebih tahan lama.

Demikian pengalaman saya, semoga bermanfaat.

Wassalam,
USI