Kebetulan, saya waktu melahirkan kemarin bulan Januari ini, dioperasi caesar,
karena ketuban pecah, dan belum waktunya (tidak sesuai dengan perkiraan dokter)
karena maju 2 minggu.

Ini pengalaman saya sewaktu dioperasi :
1. Persiapan saya waktu itu untuk operasi caesar, hanya berdoa semenjak
diberitahu akan dioperasi hingga masuk ruangan operasi dan juga sewaktu
dioperasi. Sehingga saya tidak stress karena takut.
2. Saya waktu itu dibius lokal (dari perut kebawah) jadi saya masih bisa dengar
semuanya, sampai bayinya keluarpun, saya dengar tangisnya. Menurut dokter,
sebelum bayi keluar, sebaiknya dibius lokal, karena kalau dibius total, takut
berpengaruh ke bayi. Setelah bayi keluar, baru saya dibius total.
3. Hari Rabu sore (jam 15:30) saya dioperasi, hari Sabtu pagi saya sudah boleh
pulang.
4. Karena sesudah dioperasi saya dibius total dan sampai besok paginya masih
diinfus, belum menyusui bayi. Besok paginya (hari Kamis) sesudah infus dicabut,
baru saya menyusui bayi.
    Dan seharian (hari Kamis) saya tidak boleh bangun dulu (karena masih ada
biusnya), baru sore harinya saya coba jalan-jalan di ruangan. Hari Jumatnya
saya sudah jalan-jalan keruangan bayi untuk mengikuti kursus memandikan bayi.
    Hari Sabtunya saya pulang.
5. Luka bekas operasi sembuhnya kurang lebih 2 minggu. Karena setelah 2 minggu,
perbannya dibuka oleh dokter dan saya sudah boleh mandi tanpa ditutup lagi
lukanya oleh perban. Untuk sembuh total, saya kira agak lama juga. Tapi sesudah
3 bulan, saya sudah ikut aerobic dan oleh dokter saya tidak apa-apa.
6. Saya tetap pakai gurita, tidak ada masalah.
7. Saya dianjurkan oleh dokter saya, menunggu 1,5 tahun untuk hamil lagi.
8. Untuk makanan tidak ada pantangan sama sekali.

Banyak-banyak berdoa saja, supaya semuanya lancar.

Regards,
Yanni