Pak Andi yth.

Menurut dokter kandungan saya, pilek selagi hamil bisa disebabkan kelenjar
di hidung membengkak, jadi seperti orang sedang terserang alergi.Kalau
penyebabnya kelenjar yang bengkak ya agak susah pengobatannya. Tapi kalau
sebabnya adalah flu, sebaiknya diobati, takutnya malah mempengaruhi si bayi.
Dulu dokter saya hanya mengizinkan saya minum 2 macam obat sewaktu hamil :
Panadol atau Biogesic, dengan catatan, sebaiknya tidak lebih dari 1 tablet
sehari.

Saran saya, banyak minum air hangat, atau pegang secangkir air panas dan
bagian hidung istri Bapak di"asapi" dengan uap air panas itu, supaya hidung
yang tersumbat agak "terbuka. Atau kalau Bapak sempat ke Supermarket (yang
saya tahu si ada di HERO), beli ramuan yang namanya BAPILEK, rasanya seperti
teh saja koq, tinggal diseduh air panas, dan waktu saya terserang pilek
berat (hamil atau tidak hamil), bapilek ini berperan sekali melegakan
pernafasan saya. Bahan dasarnya juga herbs (tumbuh-tumbuhan) jadi tidak
berbahaya.

Semoga berhasil dan semoga cepat sembuh ya..

Hanni S. Armansyah