Pak Andi,

Saya juga mengalami pilek berat beberapa kali pd waktu kehamilan pertama
saya. Selama kehamilan, saya sudah bertekad utk sama sekali tidak memakan
obat apapun; bahkan panadol sekalipun. Saya takut ada efek buruk pada
kandungan saya. Langkah anda sudah tepat (buah,sayur,CDR). Saya hanya bisa
merekomendasikan agar istri banyak istirahat, diusap Vicks (ada yg
menyarankan jangan di bagian yg dekat dg janin, spt punggung, perut dlsb),
menghirup uap VIcks (bukan inhaler, yg kaya' peluru itu lho; tapi Vicks
vaporub tsb dimasukkan ke dlm sejumlah air dan uap yg keluar dihirup
dalam-dalam). Soal obat tradisional, kalo ternyata bisa juga diterapkan kpd
sang Ibu, OK OK saja; hanya saja hati-hati dg obat tradisional yg dimakan
(mungkin bisa membuat janin kepanasan). Entah ya...kebanyakan obat
tradisional itu kadang hanya old wife's tale yg belum jelas kebenarannya.
Semoga cepat sembuh!

Zullia Saida
United States Agency for International Development (USAID)
American Embassy
Jl. Merdeka Selatan 3-5
Jakarta 10110
Phone : (62-21) 344 2211 ext. 2356
Fax   : (62-21) 3483 0916
e-mail: [EMAIL PROTECTED]

-------------
Original Text
From: "Andi Triwidarto" <[EMAIL PROTECTED]>, on 7/15/99 7:40 AM:
To: internet["Milis Balita" <[EMAIL PROTECTED]>]

Dear all,
Ketika saya membaca pilek mengenai bayi serta penanggulangannya, saya
jadi ingin bertanya tentang pilek/flu yang juga dialami oleh ibu hamil.
Sebab beberapa hari belakangan ini istri saya yang sedang hamil 7 bulan
terkena pilek kadang-kadang hidungnya sampai tersumbat sehingga sulit
untuk bernapas. Selama ini saya hanya menyarankan untuk banyak makan
buah & sayur serta tetap meminum CDR-nya secara rutin, untuk meminum
obat flu/pilek terus terang saja kami tidak berani tanpa petunjuk
dokter. Maklum ini kehamilan anak pertama kami jadi belum berpengalaman,
mungkin besok sabtu kami akan konsultasi dengan dokter kandungan kami.
Untuk sementara ini bagaimana penanggulangannya, apakah obat tradisional
yang disarankan rekan netters untuk bayi pilek juga bisa untuk ibu hamil
?
Terus terang saja saya kasihan melihatnya tiap malam terbangun karena
sulit bernapas karena hidungnya tersumbat dan yang saya lakukan biasanya
mengoleskan minyak kayu putih pada punggungnya.

thanks,
andi